Apriyani Rahayu Anak Petani Raih Emas Olimpiade, Pernah Disogok Agar Mengalah di Final

Dipublikasikan tanggal 2 Agu 2021
Ditonton 510 143
101

TRIBUNJATIM.COM - Berikut cerita ayah Apriyani Rahayu atlet Bulutangkis asal Konawe, Sultra saat mengenang masa kecil putrinya sebelum menjadi atlet nasional.

Diketahui Apriyani Rahayu, merupakan atlet asal Konawe Sulawesi Tenggara.

Amiruddin P, selaku ayah Apriyani Rahayu saat ditemui TribunnewsSultra.com menceritakan masa kecil Apriyani.

Amiruddin mengaku, talenta atlet yang dimiliki Apriyani dimulai sejak kecil saat belum masuk Sekolah Dasar.

"Boleh dikata, Apriyani belum lancar bicara sudah bermain bulu tangkis," beber Amiruddin saat ditemui dikediamannya di Kelurahan Lawulo, Kecamatan Anggaberi, Minggu (01/8/2021).

Amiruddin mengatakan, saat kecil Apriyani sering bermain bulu tangkis menggunakan raket yang dimiliki almahum ibunya.

Darah atlet dari almarhum ibunya itu, turun kepada putri bungsunya itu yang kini mewakili Indonesia di Olipiade Tokyo 2020.

"Almarhum mamanya pemain bulu tangkis, jadi itu ada raket bekas. Mamanya kadang dia wakili Dinas dulu di Provinsi," kata Amiruddin.

Bahkan, kata Amiruddin, saat bermain bulu tangkis di masa kecil, Apriyani menggunakan raket yang sudah tak layak pakai milik almarhum ibunya.

"Belum bisa beli raket dulu, masih disambung-sambung (tali senar)," lanjut Amiruddin.

Melihat anaknya yang mulai hobi bermain bulu tangkis, Amiruddin kemudian membuatkan lapangan dihalaman rumahnya untuk tempat latihan putrinya.

Lebih lanjut, Amiruddin mengungkapkan, Apriyani mulai mengikuti turnamen bulu tangkis saat masih usia dini.

Tepatnya, sekira Tahun 2006, ada seoramg guru yang mencari bibit atlet untuk mewakili Kecamatan bertanding di tingkat Kabupaten Konawe.

"Alhamdulillah, ada temannya yang bilang 'ada teman ku, siapa namanya? Apriani Rahayu' sudah mi dia suruh bawa raket," kata Amiruddin.


Apriyani saat itu kemudian dibawa kesekolah untuk dilatih dan di uji oleh gurunya.

Gurunya pun menilai Apriyani bisa mewakili Kecamatan untuk turnamen.

Saat turnamen tingkat Kabupaten itu, menurut Amiruddin merupakan suatu sejarah di masa kecil Apriyani.

Pasalnya, saat Apriyani melaju ke final dan menang, beberapa pihak tak setuju dengan kemenangannya itu.

Panitia kemudian memutuskan untuk melakukan pertandingan ulang. Alhasil, Apriyani tetap memenangkan final tingkat Kabupaten tersebut.

"Tidak cukup seminggu, ada seleksi tingkat Kabupaten," lanjut Amiruddin.

Seleksi tingkat Kabupaten itu kemudian menghantarkan Apriyani bertanding di tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Apriyani saat itu berhasil meraih juara 2 tingkat Provinsi. Sebelum pertandingan berlangsung, Amiruddin menceritakan, saat itu ada pihak yang menawarkan kepada Apriyani agar mengalah.

Dengan imbalan bakal dibelikan baju dan sepatu baru. Sontak, Apriyani kecil menolak tawaran orang itu.

Website jatim.tribunnews.com/
Twitter tribunjatim
Facebook tribunnewsjatim
Instagram tribun_jatim



Sumber: Tribunnews Sultra
Editor: Rizky

TribunJatim Official
Komentar  
  • TribunJatim Official

    TribunJatim Official

    Bulan Yang lalu

    TONTON JUGA: Apriyani Raih Emas Olimpiade Pas Ultah Ayah, Amiruddin Sampai Kehabisan Kata Menggekspresikannya https://www.youtube.com/watch?v=zvQ_AkwPVrI

    • Cindy Cindy

      Cindy Cindy

      Bulan Yang lalu

      Lssssss

  • fauzanah fauzanah

    fauzanah fauzanah

    Bulan Yang lalu

    msayaallah ikut senang dan bangga sekali .kpd apri liht pialanya bnyak sekali.putri kebanggaan negara dan kluarga msyarakat..smg senantiasa dlm lindungn allah swt aamiin.aamiin ya robalaallaamiin.โคโค๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ

  • Eka Yuliani

    Eka Yuliani

    Bulan Yang lalu

    Apriyanii itu kalau gak salah dengar ayahnya PNS kan

  • DITWO TV

    DITWO TV

    Bulan Yang lalu

    Sukses Bikin Mewek, Begini Momen Apriyani Rahayu Sujud dan Peluk Sang Ayah
    https://youtu.be/btXqJWIQ8TY

  • Rainie Law.C

    Rainie Law.C

    Bulan Yang lalu

    ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

  • ๅ‡ƒ้„ญ็•™

    ๅ‡ƒ้„ญ็•™

    Bulan Yang lalu

    Aku Jadi sedih dan penasaran pas baca,, "sebelum pertandingan sa'at itu ada pihak menawarkan Apriyani agar mengalah,
    tapi Apriyani gk mahu"..
    siapa pun pihak itu,apapun tujuannya,
    jika masih ada dan masih mengenali Apriyani sekarang pasti pihak tersebut matanya terbelalak,begitupun orangยฒ yg dulu menghina.

  • Leo Malino

    Leo Malino

    Bulan Yang lalu

    Nah ! Kebongkar rahasia pemain , mau kalah siap d sogok . Ini dugaan saya terhadap pemain lain . Jual prestasi menerima SUAP .

  • Endang Suhartini

    Endang Suhartini

    Bulan Yang lalu

    Ani sesibuk apapun jgn pernah tinggalin sholat dan baca al qur'an ya . Byk tanya agama sama Ikhsan . Baarokallahu fiik any.

  • Abdul Rahmad

    Abdul Rahmad

    Bulan Yang lalu

    Usia 3 tahun sudah pegang raket, kalau anak sekarang kebanyakan pegang hp ๐Ÿ˜ฅ

  • Syahrir Riyanto

    Syahrir Riyanto

    Bulan Yang lalu

    Selamat dan sukses buat mbak Apriyani semoga bisa membahagiakan ke dua org tua mu !

  • Wibowo PR

    Wibowo PR

    Bulan Yang lalu

    para srikandi dari sulawesi yang mempersembahkan emas kali ini ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ
    pasangan greysia polii (sulut) & apriyani rahayu (sultra) ๐Ÿ’ช๐Ÿป

  • Suhardi Hardi

    Suhardi Hardi

    Bulan Yang lalu

    Buah manis dari perjuangan panjang....selamat ya....kami ikut bangga atas prestasi Apriyani dan kawan2.

  • Henny Henny

    Henny Henny

    Bulan Yang lalu

    Ayah apriyani PNS ...almarhumah ibunya...ibu rmh tangga

  • sella siska

    sella siska

    Bulan Yang lalu

    Masyaallah memang anak luar biasa Apri best

  • Nur Soleh

    Nur Soleh

    Bulan Yang lalu

    Bahkan orang berprestasi, meraih emas olimpiade, mengharumkan nama bangsa, ada aja manusia yg skip/gak suka, ada 83 orang, entah manusia apa bukan itu???

  • Muhamad Padil

    Muhamad Padil

    Bulan Yang lalu

    Aq Bangga mnharumkn nma bangsa๐Ÿค—
    Tpi sdikit kecewa krna pnmpilanya,
    Sebagai perempuan trlalu tomboy dn kekar aja sih badannya,
    Pdahal bisa aja brpenmpilan feminim wlaupun pemain bulu tangkis,seperti yng lain,selebihnya ttep bangga ko' dengn prestasinya๐Ÿ˜Š

  • abun Timber floor

    abun Timber floor

    Bulan Yang lalu

    Inilah pejuang bangsa...
    Namamu akan tetap d kenang sampai hujung nyawa..๐Ÿ’ช๐Ÿ™๐ŸŒน

  • Susilowati Achmad

    Susilowati Achmad

    Bulan Yang lalu

    Berita yg menyenangkan pokoknya ...

  • bunda isma

    bunda isma

    Bulan Yang lalu

    Bamgganya ya allah,,,,aq aja anakq dapat piala dari skolah bangganya tidak bisa d.ungkap dgn kata"

  • Qoriah mahesa

    Qoriah mahesa

    Bulan Yang lalu

    andaikan masih ad mm ny.pasti sngt snng dngn ke berhasilan april

  • PELAUT PUNYA CHANNEL

    PELAUT PUNYA CHANNEL

    Bulan Yang lalu

    Trima kasih apriyani...sudah mengharumkan nama indonesia

  • Wahyudi Sunaryo

    Wahyudi Sunaryo

    Bulan Yang lalu

    Tidak penting siapa kamu, tapi lebih penting apa yang bisa kau buat untuk negerimu..... , pertama berterima kasih kepada kedua orang tua....selamat !!!! ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Siti Zaitunah

    Siti Zaitunah

    Bulan Yang lalu

    Maju trus apri membagalan ortu sukses selalu๐Ÿ‘

  • Ibuk Kiky

    Ibuk Kiky

    Bulan Yang lalu

    Klaten (selamat ya kak meraih medali emas olimpiade di Tokyo, semoga selalu sehat dan panjang umur juga sukses selalu) โค๏ธโค๏ธโค๏ธโค๏ธโค๏ธ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Illiyyin Aulia

    Illiyyin Aulia

    Bulan Yang lalu

    Imagine how proud he is

  • malayu channel

    malayu channel

    Bulan Yang lalu

    puncak prestasi, tapi bukan akhir. tetap rendah hati..

  • Aryo Wahonodjati

    Aryo Wahonodjati

    Bulan Yang lalu

    Kerja keras dgn cucuran keringat dan air mata menghasilkan prestasi yg luar biasa.sangat inspiratif .

  • pak tukiran

    pak tukiran

    Bulan Yang lalu

    kok ada istilah SOGOK SOGOK2
    gak paham, coba yg tahu ditambah bro
    ini olahraga SPORTIFITAS

  • Nia ardina

    Nia ardina

    Bulan Yang lalu

    dari kecil memang sudah punya skil jadi juara. Indonesia bangga punya apriyani rahayu sudah meraih tradisi medali emas bulu tangkis ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Restu Mulana

    Restu Mulana

    Bulan Yang lalu

    Se desy ade srmando tidak menggonhong

  • An Aan

    An Aan

    Bulan Yang lalu

    Bpk tolong bbikin lemari kaca atlases khusus buat naruh pialax d simpan rapi

  • Anaku Semangatku

    Anaku Semangatku

    Bulan Yang lalu

    doa didikan ayah ibu yg luar biassssa

  • Wika Sartika

    Wika Sartika

    Bulan Yang lalu

    Bangga dgn mu... Indonesia bisa

  • Tri Wahyudi

    Tri Wahyudi

    Bulan Yang lalu

    Sudah pasti orang tua dan klurga nya Apriyani sangat bngga,q ja sangt bngga dngn kemenanga nya
    Sukses selalu

  • Khaspiandi Andy

    Khaspiandi Andy

    Bulan Yang lalu

    Luar biasa bapak
    tapi syang apriani kok di izinkn pakai tatoo di lengannya mohon maaf skdr masukan

  • maharani ajj

    maharani ajj

    Bulan Yang lalu

    orang curang sukak yogok

  • ny sudarti53

    ny sudarti53

    Bulan Yang lalu

    Anak petani tp orestasinya moncer, spt p Jokowi tukang kayu tp jd presiden..mantaaap jiwa, trs smgt apriyani R dlm berlatih, trs ukir orestasi bersama tandemmu ttp rendah hati, sht sll๐Ÿคฒ๐Ÿ’ชโ™ฅ๏ธ

  • anggun susilowati

    anggun susilowati

    Bulan Yang lalu

    Luar biasa semua bangga terhadap mu mba Apriyani ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • We Ni

    We Ni

    Bulan Yang lalu

    Bongkar dong itu yang nyogok. Kebiasaan buruk.
    Apa yg bisa dibanggakan kalau berbuat curang.
    Terimakasih atas kerja kerasnya Greysia dan Apriani

  • Xj Gh

    Xj Gh

    Bulan Yang lalu

    Jadilah manusia yg menikmati prosesnya, jangan mau instan!!!

  • Agus Sularso

    Agus Sularso

    Bulan Yang lalu

    Selamat Sukses... ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Jessy Christia

    Jessy Christia

    Bulan Yang lalu

    Org tua mna yg tak bangga liat ank,y mengharumkn bangsa Indonesia

  • sulis a

    sulis a

    Bulan Yang lalu

    lucuuu

    • sulis a

      sulis a

      Bulan Yang lalu

      judule disogok

  • Suti Suti

    Suti Suti

    Bulan Yang lalu

    Love Apriyani...

  • Risti Marwoto

    Risti Marwoto

    Bulan Yang lalu

    Back ground musik terlalu keras...

  • Yayat Pratama

    Yayat Pratama

    Bulan Yang lalu

    Mungkin gelar bergengsi selanjutnya yang di incar setelah olimpiade adalah all england

  • Zahid Jan

    Zahid Jan

    Bulan Yang lalu

    Bising suara hp

  • GOMBONG MotoSport

    GOMBONG MotoSport

    Bulan Yang lalu

    Paling males liat chen qing chen. Gayanya sok sangar.
    Eeeh, dikalahin sama idola gue yg lebih sangar (apri)
    Puasssnya double, sampe ubunยฒ..

  • fika F Fikafiko

    fika F Fikafiko

    Bulan Yang lalu

    Mendengar cerita ayahnya, saya jd ikut bangga dengan dik apriyani ๐Ÿค—

  • Albert Abe

    Albert Abe

    Bulan Yang lalu

    O Ama.. biar juga kita makan sinonggi ji, kalo memang dasarnya Apri itu kuat, kekuatanx bukan dari sinonggi tp dari Tuhan Hae Ama..
    Sehat terus Ama nya Apri.. Donggi and mosolori is the best๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • dodo bahari

    dodo bahari

    Bulan Yang lalu

    Usia 23 thn medali emas olimpiade ๐Ÿ‘
    The next legend

  • Ari Januar P

    Ari Januar P

    Bulan Yang lalu

    Legenda Indonesia

  • Hery isk

    Hery isk

    Bulan Yang lalu

    Kalo saja jadi Bupati Konawe, maka akan disiapkan nama jalan atau gedung, atau yg lain lain, utk tanda penghargaan kpd pahlawan badminton dari Konawe... ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • nir lo

    nir lo

    Bulan Yang lalu

    Ini baru atlet hebat krn pernah menolak mengalah difinal krn disogok dan skrg hasilnya luar biasa dpt Emas Olimpiade.
    Klo atlet sepakbola malah ada yg jadi pengkhianat krn mau disogok dan bikin gol bunuh diri di piala AFF, dan skrg hasilnya luar binasa memalukan di ASEAN udah ga ada apa2nya

  • Syah Rinal

    Syah Rinal

    Bulan Yang lalu

    Konawe termasuk daerah buton kah?

  • mad tobi'i

    mad tobi'i

    Bulan Yang lalu

    yg katanya mau nyogok gmn nasibnya skrg?
    kepengen bantai orangnya

  • artaabadi 02

    artaabadi 02

    Bulan Yang lalu

    Nyimak

  • son yung

    son yung

    Bulan Yang lalu

    Hebat ya perjuangan apri,,,,

  • Mochamad Sudarsono

    Mochamad Sudarsono

    Bulan Yang lalu

    Kerennnn, menginspirasi

  • MLHA ID

    MLHA ID

    Bulan Yang lalu

    Salut perjuangan nya dalam meraih kesuksesan
    Yang setuju like & comment dibawah

  • arek Hong Kong HK

    arek Hong Kong HK

    Bulan Yang lalu

    Ya Allah ulah sipa yg Mau nyogok biar kalah,, krg ajar bgt .. bresek bgt

  • Bilirubin

    Bilirubin

    Bulan Yang lalu

    Kameramen gak professional, mundur dikit kek biar keliatan jelas koleksi trophy & pialanya, biar jangan cuma muka bapaknya aja yg menuhin TV.

  • DJ TIKTOK VIRAL

    DJ TIKTOK VIRAL

    Bulan Yang lalu

    Yang gak sengaja baca komenan aku,semoga kalian sehat selalu,di beri kesehatan dan di beri rejeki. Aminn๐Ÿ‘๐Ÿ™

  • ino brjuang trus Oni pantang pulang mnuai hasil

    ino brjuang trus Oni pantang pulang mnuai hasil

    Bulan Yang lalu

    Apriayani kua hebat ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Zulham Dani

    Zulham Dani

    Bulan Yang lalu

    Kalau melihat gini malu sm diri sendiri, karna blum ada apaยฒnya ๐Ÿ˜“

  • Abdul Dulah

    Abdul Dulah

    Bulan Yang lalu

    Alhamdulillah, hebat dari 28 atlet yang dikirim Indonesia, masih bisa dapat 1 medali emas. Walaupun 1 medali emas. Semangat.

  • Adelaide Irma

    Adelaide Irma

    Bulan Yang lalu

    Ternyata dik Apriyani sudah ditinggal Ibunya sama sepertiku.

  • Gudzell Goodjella

    Gudzell Goodjella

    Bulan Yang lalu

    Apri jgn lupa tengok makam mamamu ya. Kau juara dunia atas inspirasi dan doa mamamu di sorga

  • Indra F

    Indra F

    Bulan Yang lalu

    Bangga

  • BUS BESAR

    BUS BESAR

    Bulan Yang lalu

    kasih tau yng nyogik

  • Etyrstgy Dggdfgf

    Etyrstgy Dggdfgf

    Bulan Yang lalu

    Berbakat dari Kecil semakin diasah tidak mengecewakan hasil

  • RN STORY

    RN STORY

    Bulan Yang lalu

    yang ngamera aneh ngk ngeshoot kamera yang di tunjukin

  • Suga Nug

    Suga Nug

    Bulan Yang lalu

    Itu bikin brisik nada hp pdhal lg wawancara

  • wahyudi

    wahyudi

    Bulan Yang lalu

    Prestasinya sampai Ayahnya gk tau hitung lagi saking bayaknya

  • Doki Sensei

    Doki Sensei

    Bulan Yang lalu

    Klo menang disorot terus.. klo kalah dilupain..
    Atlit olimpiade bukan cuma bulu tangkis doang.. sorot atlit lainnya.. berimbang dan berisi beritanya..

  • Yani 79

    Yani 79

    Bulan Yang lalu

    klo indonesia kalah itu biasanya kena sogok..pemain sepak bola lagi klo kalah kebanyakan di sogok..klo apryani salut karna gk mau di sogok ingin mengharukan bangsa

  • Mariah Neman

    Mariah Neman

    Bulan Yang lalu

    berprestasi di masa muda, nanti klau sdh tua atlit ga ada yg ngopenin , sdh banysk yg begitu ,

  • Ava

    Ava

    Bulan Yang lalu

    Selamat,atas prestasi terbaiknya

  • umi haryati

    umi haryati

    Bulan Yang lalu

    Masya allah alhamdulillah.
    Atas nikmat yg allah swt kasih.
    Sehat" apriyani rahayu dan gresia polly

  • MAMIELNA

    MAMIELNA

    Bulan Yang lalu

    Mantap ada foto bareng pak Ahok, mantan Gubernur Jakarta yang benar-benar peduli sama warganya.

  • Lubna Mazzaya

    Lubna Mazzaya

    Bulan Yang lalu

    Selamat Dan sukses....usaha keras dan terus menerus akan menghasilkan apa yang gak mungkin menjadi mungkin ..di bidang apapun ..good job โค๏ธโค๏ธโค๏ธ

  • Juningsi Junus

    Juningsi Junus

    Bulan Yang lalu

    Aamiin... aamiin

  • YA Official

    YA Official

    Bulan Yang lalu

    Terharu dengar cerita ayahnya

  • Fitri Aulia

    Fitri Aulia

    Bulan Yang lalu

    Semoga dalam lindungan Allah

  • Tonton Chanel Aku ๐Ÿ‘‡

    Tonton Chanel Aku ๐Ÿ‘‡

    Bulan Yang lalu

    https://youtu.be/kZWC7zhra_s

  • byul

    byul

    Bulan Yang lalu

    Bangga nya orangtua mendukung apri sejak kecil, padahal masa depan atlet bulu tangkis belum jelas. Tidak semua orang tua mau mendukung seperti ini. Bangga sekali olimpiade emas utk orangtua apri.

  • Nyoman Gandi

    Nyoman Gandi

    Bulan Yang lalu

    Itu hanya olah raga prestis tidak usah terlalu disanjung.

    • Fitri Ramadani

      Fitri Ramadani

      Bulan Yang lalu

      iri ya? anda iri karna tidak punya prestasi apapun? ๐Ÿ˜‚kalo iri simpen sendiri aja, tidak usah koar' kayak orang bodoh.

    • quda poni

      quda poni

      Bulan Yang lalu

      ??? ๐Ÿคฆ

  • Hendra Sunandar

    Hendra Sunandar

    Bulan Yang lalu

    Tujuannya apa ya menyogok spya mngalah

  • Ahmad Fadli Ramadhan

    Ahmad Fadli Ramadhan

    Bulan Yang lalu

    saya sebagai masyarakat Sultra bangga sih sama kak Apriyani.

  • Yusuf Kurniawan

    Yusuf Kurniawan

    Bulan Yang lalu

    Comingsoon demam badminton dadakan ๐Ÿ˜…

  • Pemuda Batangonang

    Pemuda Batangonang

    Bulan Yang lalu

    Daya juang apri itu luar biasa dan sudah selayaknya dia mendapatkan itu,apri itu pemain yg pantang menyerah dan semangat bertandingnya selalu berapi api,apri sangat beruntung bisa ber parntner dengan greysia yang selalu memberikan suport kepada apri,greys itu layaknya kakak buat apri.
    Greys/apri kalian hebat

  • Dodi i Bow

    Dodi i Bow

    Bulan Yang lalu

    Tradisi emas harus dijaga๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

  • Mardiati Ati

    Mardiati Ati

    Bulan Yang lalu

    Alhamdulillah selamat Apriyani

  • Samina Fazlani

    Samina Fazlani

    Bulan Yang lalu

    ๐Ÿ…๐Ÿ”ฅ

  • Zhaskia Shavana

    Zhaskia Shavana

    Bulan Yang lalu

    Ortunya pasti buangga banget. Pengen bisa banggain ortu

  • Taufik Hidayat

    Taufik Hidayat

    Bulan Yang lalu

    Tuh kakek kek kakek gw sumpah mirip bet

  • GEREJA YOUTUBE

    GEREJA YOUTUBE

    Bulan Yang lalu

    Luar biasa sangat membangakan, sangat terharu RI 1 sangat" mengapreasi ๐Ÿ™
    Selamat untuk Grey & Apriyani sangat" salut. Doa terbaik untuk kalian ๐Ÿ™๐Ÿ˜‡๐Ÿ™

    • Tonton Chanel Aku ๐Ÿ‘‡

      Tonton Chanel Aku ๐Ÿ‘‡

      Bulan Yang lalu

      idvision.info/first/video/nIyPe5qqmKiWmNY.html

  • Desvita Fitri Yani

    Desvita Fitri Yani

    Bulan Yang lalu

    Lihat betapa bangga nya seorang ayah saat anak nya meraih prestasi, apalagi perjuangan sangat ayah cukup kuat

  • abha Asir

    abha Asir

    Bulan Yang lalu

    Masyaalloh

  • Me Zikry

    Me Zikry

    Bulan Yang lalu

    INDONESIA BANGGA DENGAN KALIAN SEMUA ATLET2 , MAU MENANG ATAUPUN KALAH.. โค๏ธ