Keterangan Pers Presiden RI tentang Pencabutan Lampiran Perpres Terkait Miras, 2 Maret 2021

Dipublikasikan tanggal 1 Mar 2021
Ditonton 523 178
389

*Presiden Jokowi Cabut Lampiran Perpres Terkait Miras*
Presiden Joko Widodo mencabut lampiran Peraturan Presiden terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras (miras) yang tercantum dalam lampiran Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Hal tersebut diputuskan setelah Presiden mempertimbangkan masukan dari sejumlah pihak.
Demikian disampaikan Presiden dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 2 Maret 2021.
"Setelah menerima masukan dari ulama-ulama, MUI, Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, ormas-ormas lain, tokoh-tokoh agama, juga masukan-masukan dari provinsi dan daerah, bersama ini saya sampaikan saya putuskan lampiran Perpres terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras yang mengandung alkohol saya nyatakan dicabut," ujarnya.
Dengan pencabutan ini, lampiran tersebut dinyatakan tidak lagi berlaku.

Jakarta, 2 Maret 2021
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Website: www.presidenri.go.id
IDvision: Sekretariat Presiden

Sekretariat Presiden
Komentar  
  • Revol Mardian

    Revol Mardian

    Bulan Yang lalu

    Walau begitu saya mencari miras tetap mudah seperti biasanya

  • Jheproet 94

    Jheproet 94

    Bulan Yang lalu

    hahaha,serm ni,

  • Fauzan Kadir

    Fauzan Kadir

    Bulan Yang lalu

    Semg dapt hidayh...

  • Yusuf Yosparinda

    Yusuf Yosparinda

    Bulan Yang lalu

    Aku takut bersuara

  • Yanti Afiyanti

    Yanti Afiyanti

    Bulan Yang lalu

    Iloveu Presiden q Bpk Joko widodo😘🤭👍

  • ubaid denockarlum

    ubaid denockarlum

    Bulan Yang lalu

    alhamdulillah semoga bisa konsisten

  • Hezron Priana

    Hezron Priana

    Bulan Yang lalu

    ya haram sih tapi peminatnya kan banyak juga, kalo investasi dilarang ga akan berkurang juga kok peminumnya, so kalian2 juga nikmatin juga kok pajak yg dihasilkan dr cukai tiap botol minuman yg di bayar ke negara dan negara pakai pajak itu buat kebutuhan masyarakat. ya kalo ngomongin haram ya berarti? hahahahaha

  • riani Nurul

    riani Nurul

    Bulan Yang lalu

    Y y y...

  • Rexy Rexandhy DK

    Rexy Rexandhy DK

    Bulan Yang lalu

    Misi nih pak.. Logonya emmmh...

  • Rhirin Abuniyo

    Rhirin Abuniyo

    Bulan Yang lalu

    Susah manusia jaman skrang ...
    D teken ijin investasi malah menghardik eee ketika d cabut malah meledek ..
    Gemes akyuu . Ingin ku GELAI PAKAI paku d kepalanya .😄😄

  • Mr. Binary

    Mr. Binary

    Bulan Yang lalu

    Dia yg bikin, dia yg cabut. Pinterr lu

    • Java is the KEY

      Java is the KEY

      Bulan Yang lalu

      Terus siapa yg cabut? Bapak lo?

  • Soni Indratmoko

    Soni Indratmoko

    Bulan Yang lalu

    Hei kamu. Iya kamu. Kamu yang sedang membaca komentar ini. Gak lama lagi kamu akan sukses dan membanggakan orang tua dan bangsamu. Aamiin Ya Rabbal'Alamiin

  • Indah Fila

    Indah Fila

    Bulan Yang lalu

    Itu yang dislike pasti ga setuju karena suka minum miras. Kalo setuju, kalo ga minum miras kenapa ngedislike?.

  • Aku siapa?. Tujuanku kemana Mati apa yang ku bawa??

    Aku siapa?. Tujuanku kemana Mati apa yang ku bawa??

    Bulan Yang lalu

    Alhamdullah syukurlah....
    Semoga NKRI jaya kembali di tngan jokowi..

  • Valen Sia

    Valen Sia

    Bulan Yang lalu

    Jangan ngomentarin yg aneh aneh nanti diciduk

  • riri brokoli

    riri brokoli

    Bulan Yang lalu

    A O pak

  • Shifani Sivran

    Shifani Sivran

    Bulan Yang lalu

    Orang Bali orang NTT yang buat miras Para petinggi (NU) (PKS) (MUI) yang mabok. Di Bali dan di NTT Yang katanya tempat miras tetapi tidak pernah di mesjid kecologan Sandal sama Kotak Amal 😂 coba sebutkan daerah daerah mana yang banyak orang nya bermental maling begal dan penjual agama

  • sigit andi satria

    sigit andi satria

    Bulan Yang lalu

    katanya benci produk asing, tapi tablet pake ipad, itu kan produk asing. kenapa gak pilih pake tablet lokal kayak advan?

  • Jan Laniengka

    Jan Laniengka

    Bulan Yang lalu

    Rokok lagi seharusnya

  • Jan Laniengka

    Jan Laniengka

    Bulan Yang lalu

    keputusan yg perlu dapat jempol buat presiden

  • Manzhanovich Bin omsam

    Manzhanovich Bin omsam

    Bulan Yang lalu

    Ko hanya lampiran????....

  • Tazkiyah Media

    Tazkiyah Media

    Bulan Yang lalu

    https://youtu.be/mqR5h68IYHg
    ULAMA MARAH!!
    Kalau Sempat Dilegalkan Bisa Hancur Negeri ini

  • Bisnis Bareng ABDi

    Bisnis Bareng ABDi

    Bulan Yang lalu

    Dalang menjadi wayang #savedemokrat

  • Lazuardi Rahman

    Lazuardi Rahman

    Bulan Yang lalu

    ya mksdnya, dari awal ide siapa sih yang ngusulin buat bikin perpres investasi miras diindonesia?

  • Azam Fathoni

    Azam Fathoni

    Bulan Yang lalu

    Gimmick Jokowi

  • Muhamad Iqbal Tawaqal

    Muhamad Iqbal Tawaqal

    Bulan Yang lalu

    Buat klarifikasi di podcast chanel deddy corbuzer pak, pasti view y banyak pak

  • enung ida farida

    enung ida farida

    Bulan Yang lalu

    Bagus itu baru tegas jangan karna pajak masuk negara pajak minuman besar,,, mana rakyat bawah tetap miskin haram iya prcuma dosa iya di nimati engga

  • El Noe

    El Noe

    Bulan Yang lalu

    dicabut kmdn dielu"kan.. yg dipuji dia, padahal yg bikin dia, negeri dagelan.. 😂

  • Lu'lu Al-maknun Salsabila

    Lu'lu Al-maknun Salsabila

    Bulan Yang lalu

    Indonesia Maju!!!!

  • Muh Hudan

    Muh Hudan

    Bulan Yang lalu

    Wakil kyai hnya sebatas nama doang

  • Mcholil Ahmad

    Mcholil Ahmad

    Bulan Yang lalu

    Kalau haram ya haram Pak, jangan karena dpt pemasukan

  • Ratno Waluyo

    Ratno Waluyo

    Bulan Yang lalu

    Eh yg dukung invetasi ini pada pea. Gua mau nanya emang keamanan di indonesia seketat apa sih? Emang omongan" para pejabat/pemerintahan bisa di pegang? Polisi nya aja buncit"semua. Cuman 2 yg jujur tuh polisi tidur, sma polisi kalo lagi di shot kamera.
    Entar klo ada pemalakan, kekerasan, sampe pembegallan kita org" sederhana mau bikin laporan ke kepolisian ga pake duit hah? Mikir dong..

  • Irsan Syah

    Irsan Syah

    Bulan Yang lalu

    Alah jok jok,, pas mulai rame dicabut

  • Kaisar BB

    Kaisar BB

    Bulan Yang lalu

    Kapan koruptor dibunuh?

  • isya fauzih

    isya fauzih

    Bulan Yang lalu

    Kok saya salah fokus sama tablet yang disamping pak jokowi ya?
    #cintaiprodukindonesia

  • Ihas Papua Official

    Ihas Papua Official

    Bulan Yang lalu

    Trendingkan 1 yok

  • MUJIB JIAND

    MUJIB JIAND

    Bulan Yang lalu

    Alhamdulilah

  • A Eka Maulana Ishaq

    A Eka Maulana Ishaq

    Bulan Yang lalu

    INDONESIA MAJU.. ASU BUAT PARA PEMBENCIMU
    ❤JOKOWI

  • MF Dev

    MF Dev

    Bulan Yang lalu

    alhamdulillah, saya bukan ahli ekonomi, tp saya yakin masih banyak cara menambah pendapatan negara...👍

  • Fariz Xッ

    Fariz Xッ

    Bulan Yang lalu

    Klo investasi miras legal
    Produk miras melimpah
    Penikmat miras makin merebak
    Jadilah negeri pemabuk

  • The Bangkawarah

    The Bangkawarah

    Bulan Yang lalu

    Wihhhhh 🤣🤣🤣🤣

  • Arull Bisa6u3u3urygpsgryeuu

    Arull Bisa6u3u3urygpsgryeuu

    Bulan Yang lalu

    Al hamdulillah hirobbil alamin

  • Aprina Indradi

    Aprina Indradi

    Bulan Yang lalu

    Para koruptor yg korupsi kemaren apa kabar pak presiden? Kapan di hukum mati sama diambil semua kekayaan nya untuk rakyat miskin?

  • Crimea

    Crimea

    Bulan Yang lalu

    cuma Lampiran nya aje nyang di cabut...
    hadeeeeh

  • soedradjat ae

    soedradjat ae

    Bulan Yang lalu

    Sebelum jadi perpres apa tidak bertanya pada pak maruf amin beliau kan mantan ketua mui, ibarat kata seorang petani pagi menanam singkong sorenya dicabut lagi,kan lucu jadinya perpres ini,tapi mohom maaf sebelumnya , biar ada evaluasi dan tim nya presiden, jangan sampai membuat perpres yg salah.sekalian uu omnibuslaw dicabut dunk,baru itu keputusan tegas

  • jabbriec jabbriec

    jabbriec jabbriec

    Bulan Yang lalu

    Wkwkwkw ......drama mulu

  • PHENOMENON

    PHENOMENON

    Bulan Yang lalu

    BODO AMAT
    BODO AMAT
    BODO AMAT
    Buatlah kebijakan sesukamu, selagi masih berkuasa.
    Kita mah hanya bisa menonton
    Udh gak ngarep apa2 daru rezim ini
    Udh terlanjur kecewa
    Mau kalian apakan negeri ini terserah.
    Kalian yang berkuasa
    Biarkan sejarah yang akan mencatat.
    Badai ini pasti akan segera berlalu, matahari perlahan akan tampak kembali
    Jiwa2 yang kehilangan harapan ini akan menemukan titik balik nya lagi.
    Semoga waktu itu tidak akan terasa lama.
    Anggap saja kita sedang dipaksa menikmati episode yg menjengkelkan, mengesalkan, membuat marah, menguras emosi, kadang ingin menangis karena kesal, kadang ingin mengumpat dalam hati. Tapi apalah daya kita hanyalah penonton yg hanya bisa menikmati apa yang telah tersaji.
    Semoga akhir dari cerita ini membuat kita semua bahagia.
    🙏

  • Insanu sholeh J.G

    Insanu sholeh J.G

    Bulan Yang lalu

    Ada logo apple pak,

  • Andalan Nemen

    Andalan Nemen

    Bulan Yang lalu

    Besok d sahkan lgi dan lusa d cabut lagi
    Bebas pak

  • Lux koyoba

    Lux koyoba

    Bulan Yang lalu

    LEGAL VIBE PAK

  • ELANG ENAM

    ELANG ENAM

    Bulan Yang lalu

    Untung ada NU, Muhamadiyah dan MUI

  • umar Al ghifari

    umar Al ghifari

    Bulan Yang lalu

    Maksudnya di cabut teh gimana ada yg mau jelasin gak Kaka Kaka semua?

  • manusia biasa

    manusia biasa

    Bulan Yang lalu

    Kau yg memulai kau yg mengakhiri

  • arsy faujiah

    arsy faujiah

    Bulan Yang lalu

    Alhamdulilah....semoga pak presiden panjang umur dan sehat selalu

  • Sukisdiyanto

    Sukisdiyanto

    Bulan Yang lalu

    Miras memang harus disingkirkan,narkoba,korupsi dan hal2 yg merusak generasi bangsa wajib disingkirkan.

  • FT08

    FT08

    Bulan Yang lalu

    Ngeprank aja pak bisanya

  • rulLi aLjabbar

    rulLi aLjabbar

    Bulan Yang lalu

    Syukurlah masih takut sama wakilnya.

  • Ayu Friska Amalia

    Ayu Friska Amalia

    Bulan Yang lalu

    Alhamdulillah, Terima Kasih Pak Jokowi dan seluruh Jajarannya

  • Haze Cl

    Haze Cl

    Bulan Yang lalu

    Semangat pak

  • Za Gaming Official

    Za Gaming Official

    Bulan Yang lalu

    doaku tahun depan. semoga yg jadi presiden nanti akan lebih baik lagi. ga nimbulin huru hara terus di negara ini... cape anjay

  • Didi Muliadi1981

    Didi Muliadi1981

    Bulan Yang lalu

    Saya maafkan

  • Haris Fathurrahman

    Haris Fathurrahman

    Bulan Yang lalu

    Alhamdulillah

  • Y Gaming

    Y Gaming

    Bulan Yang lalu

    Allhamdulillah :)

  • Setya Irwan

    Setya Irwan

    Bulan Yang lalu

    Pemimpin yang bijak terimakasih pak.

  • ROBIHAT SATUI

    ROBIHAT SATUI

    Bulan Yang lalu

    Alhamdulillah.terimakasih MUI.NU.MUHAMADIAH.DAN PARA TOKOH AGAMA.terimakasih juga pak jokowi.

  • daki leher

    daki leher

    Bulan Yang lalu

    Alkohoool kamu jahat tapi enaaak~ Lemesin brayyy hidup serius2 amat si. Legalin aja pak biar santuuy anjaay

  • Maruf Abdul Ghani Ghani

    Maruf Abdul Ghani Ghani

    Bulan Yang lalu

    Mmmm

  • Azra Furqony

    Azra Furqony

    Bulan Yang lalu

    Kok bisa ada niatan Miras mau di jadiin perpres, aneh!

  • Tenis Meja Kita Bisa

    Tenis Meja Kita Bisa

    Bulan Yang lalu

    Pak presiden

  • JAMBUL ANIMASI

    JAMBUL ANIMASI

    Bulan Yang lalu

    Cabut juga nyawa para koruptor pak 👍

  • 好きですNVIDIA

    好きですNVIDIA

    Bulan Yang lalu

    Kok lampirannya aja ya..?
    Jangan sampai rakyat dibodohin lg...😔

  • organic channeL85

    organic channeL85

    Bulan Yang lalu

    Atoh Kena

  • 19. Mislaini

    19. Mislaini

    Bulan Yang lalu

    Semangat terus pak presiden jokowi 💕💕💕

  • instagramku masssipoh

    instagramku masssipoh

    Bulan Yang lalu

    i ❤️ you pak

  • m daryono

    m daryono

    Bulan Yang lalu

    lampirannya doang kah yg dicabut ?

  • Aybil Haq Omar

    Aybil Haq Omar

    Bulan Yang lalu

    Wkakaka....

  • nafkhah al faza

    nafkhah al faza

    Bulan Yang lalu

    Allhamdulilah

  • Yuniati 77

    Yuniati 77

    Bulan Yang lalu

    Alhamdulillah

  • Toko Berkah K2

    Toko Berkah K2

    Bulan Yang lalu

    https://youtu.be/44N7g1YdRsE

  • Dinda Shella

    Dinda Shella

    Bulan Yang lalu

    Alhamdullillah, KAPAN YAH KORUPTOR DI NEGERI INI DICABUT NYAWANYA??

  • SETHA MANCING

    SETHA MANCING

    Bulan Yang lalu

    Mantap 👍👍👍👍

  • Raden Wahid

    Raden Wahid

    Bulan Yang lalu

    indonesia subur. tongkat ditanam jadi pohon. miras ditanam rakyatnya sempoyongan

  • Aromoto_

    Aromoto_

    Bulan Yang lalu

    Bikin aturan dulu baru minta pendapat, ga kebalik ya pak?
    Jangan dipenjara ya pak, rakyat cuma bertanya..

  • Pangersa 97’s

    Pangersa 97’s

    Bulan Yang lalu

    Telat ah, ges rame karek d cabut, kudu di cek ulang saacan di kaluarken aturan

  • Muhammad Khoirul

    Muhammad Khoirul

    Bulan Yang lalu

    Bobon Santoso : mabok heula atuh

  • Bhudy Hunter

    Bhudy Hunter

    Bulan Yang lalu

    Buka pelacuran dan perjudian juga donk buat khas negara ..

  • Mardian syah

    Mardian syah

    Bulan Yang lalu

    Tinggal koruptor lgi pak tolong klo ga d hukum mati potong tangan mrk

  • Exzo Project

    Exzo Project

    Bulan Yang lalu

    Pak Tolong Korupsi Di Hukum Mati Aja . Karna Udah Banyak Warga INDONESIA Yang Di Rugikan, Banyak Warga Indonesia Yg Tidak Menerima Bantuan , Banyak Dana² Daerah Yg Di Salah Fungsikan Dan Banyak Daerah Yg Masih Tertinggal ,Negara Indonesia Itu Luas Dan Saya Harap Keadilan Merata, Namun Tidak Akan Bisa Sejahtera Kalau Korupsi Merajalela Di Mana Mana , ,Kalo Gak Di Hukum Mati ,KORUPSI Akan Terus Merajalela,

  • Flex Work

    Flex Work

    Bulan Yang lalu

    Biar negaranya kaya eh salah tangkap berita

  • Nyai Ratu Chanel

    Nyai Ratu Chanel

    Bulan Yang lalu

    Jgn lupa make masker dan jaga jarak 😷 kl comen

  • Monks Moba

    Monks Moba

    Bulan Yang lalu

    wkwk dislikenya banyak

  • Amos Meynanda

    Amos Meynanda

    Bulan Yang lalu

    kalo dari logika ya, kalau ga itu jadi di sahkan, sama seperti rokok cukai dan pajaknya akan naik juga, sehingga harganya semakin mahal. lagian mau sebelum ini juga msyarakat kita bebas kan minum2an keras? gaada bedanya..

  • nathan chanel

    nathan chanel

    Bulan Yang lalu

    Alhamdulillah tanpa demo dulu, pak president jokowi mencabut lampirannya karna bnyak ulama yg menasehatinya?

    Tp andainya ormas putih putih blum di bubarkan, kyanya demo habis habisan 😁🤣🤣🤣🤣🤣🤣

  • Winaningsih

    Winaningsih

    Bulan Yang lalu

    Alhamdulillah

  • Revy Equilibrina

    Revy Equilibrina

    Bulan Yang lalu

    Sehat selalu Bapak Presiden RI ku, semoga bapak selalu berada dalam lindunganNya aamiinn

  • indra boele

    indra boele

    Bulan Yang lalu

    Masa ia suka razia miras, sekarang ada yg mau inves miras di terima.😌

  • Masyus TV

    Masyus TV

    Bulan Yang lalu

    Alhamdulillah. Terima Kasih Pak Joko Widodo

  • dhiraadya

    dhiraadya

    Bulan Yang lalu

    Alhamdulillah..

  • Syam Asy'ari

    Syam Asy'ari

    Bulan Yang lalu

    TERIMA KASIH PAK PRESIDEN MASIH MAU DENGARKAN NASIHAT.

  • farhan anwar

    farhan anwar

    Bulan Yang lalu

    Dia yang buat dia yang nyabut aowwowkwowow