Kritik Tanpa Intrik: Jubir Istana vs Refly Harun soal Kasus Ahok (Part 2) | Mata Najwa

Dipublikasikan tanggal 17 Peb 2021
Ditonton 464 142
197

Ketua YLBHI Asfinawati mengatakan penegakan hukum dalam jerat kasus UU ITE menjadi selektif ketika bersinggungan dengan politik, apakah dekat dengan pemerintah atau oposan.
Fadjroel Rachman kemudian menanyakan soal kasus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang adalah sosok yang dekat dengan Jokowi, namun berakhir di penjara.
“Untuk kasus bukan delik aduan itu inisiatif polisi. Kasus Ahok bukan delik aduan karena kalau dia bukan delik aduan itu dia diserahkan ke polisi. Nuansa politik 2017 ikut mewarnai kasus ini sehingga polisi gak bisa bedain delik aduan dan delik umum,” kata pakar hukum tata negara Refly Harun.
#MataNajwa #kapalapi
(Narasi)
Tonton juga Mata Najwa eps. [Kritik Tanpa Intrik] dan episode lainnya di www.narasi.tv atau klik link di bawah.
Part 1 - bit.ly/3pq6FDf
Part 2 - bit.ly/2Ng0ftt
Part 3 - bit.ly/3apTGNM
Part 4 - bit.ly/2ZsFD3z
Part 5 - bit.ly/3biGSIj
Part 6 - bit.ly/3qyVlpK
Part 7 - bit.ly/3quvlvX
Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.
Tonton konten lainnya juga di IDvision Channel:
- Narasi bit.ly/SubscribeIDvisionNarasi
- Narasi Newsroom bit.ly/SubscribeNarasiNewsroom
- Narasi Entertainment bit.ly/SubscribeYTNarasiEntertainment
- Narasi Stories bit.ly/SubscribeNarasiStories
- Narasi Talks bit.ly/SubscribeNarasiTalks
- Narasi Sports bit.ly/SubscribeNarasiSports
Jangan lupa subscribe yaa..
Follow:
najwashihab
NajwaShihab
najwashihabofficial

Najwa Shihab
Komentar  
  • Najwa Shihab

    Najwa Shihab

    9 hari yang lalu

    Tonton juga Mata Najwa eps. [Kritik Tanpa Intrik] dan episode lainnya di https://www.narasi.tv atau klik link di bawah.
    Part 1 - http://bit.ly/2LYxD7l
    Part 2 - http://bit.ly/2ZDUit7
    Part 3 - http://bit.ly/3jYOSSP
    Part 4 - http://bit.ly/3poX6EI
    Part 5 - http://bit.ly/3atKZC3
    Part 6 - http://bit.ly/2NBIPam
    Part 7 - https://bit.ly/3pnZ48o

    • kyo kichi

      kyo kichi

      Hari Yang lalu

      Wkwkwkwkwwkwkw sekarang udah seperti TV 2

    • Annisa Ahyarika

      Annisa Ahyarika

      4 hari yang lalu

      -

    • Annisa Ahyarika

      Annisa Ahyarika

      4 hari yang lalu

      5

    • Annisa Ahyarika

      Annisa Ahyarika

      4 hari yang lalu

      3

    • Annisa Ahyarika

      Annisa Ahyarika

      4 hari yang lalu

      L.

  • akay us

    akay us

    7 menit yang lalu

    tetap semangat bapak president.

  • Yanto 38

    Yanto 38

    9 menit yang lalu

    Ada 2 ahli beda pendapat...!

  • Yanto 38

    Yanto 38

    14 menit yang lalu

    RH obyektif dong...! Jgn karena dipecat lalu berpendapat miring...! Sdr kan Prof yang profesional...!

  • Yanto 38

    Yanto 38

    18 menit yang lalu

    Kritik ...! Mana mungkin dilpanggil polisi..! Bedakan mengritik dan menghujat atau memaki....! Salam akal sehat jgn dungu..!

  • Nyoman Witastra

    Nyoman Witastra

    46 menit yang lalu

    Bro.....nara sumber model ini.......???

  • Muhammad Alfi Alfaridzi

    Muhammad Alfi Alfaridzi

    2 jam yang lalu

    Baru ngeh nih kata pak fajroel data pengguna internet periode sekian 300jt an, di periode selanjutnya naik 800jtan, dan membandingkan data pelaporan hukum. Yang jadi pertanyaan mungkin itu data pengguna di seluruh dunia kali ya bukan di indonesia, soalnya rakyat indo aja gk sampe 300jt

  • agus alwi

    agus alwi

    6 jam yang lalu

    Ketegasan pemipin negara lemah, , kepercayaan terhadap aparat penegak hukum apa lagi , terus Apakah murni lemah atau permainan lawan politik

  • Forum silaturahmi komunitas Masyarakat aceh bersatu

    Forum silaturahmi komunitas Masyarakat aceh bersatu

    7 jam yang lalu

    Yok bertaubat,kiamat sudah dekat,jgn kita kebanyakan ngomong aja

  • Dimas Ferdinand

    Dimas Ferdinand

    7 jam yang lalu

    saya termasuk orang yang takut kritik pemerintah, akhirnya cuma jadi obrolan dengan teman

  • Djeni Humena

    Djeni Humena

    13 jam yang lalu

    UU ITE di ubah apa yang salah sedangkan dunia bisa berubah dan di ubah

  • Zeus Rabby

    Zeus Rabby

    14 jam yang lalu

    Orang goblok kayak fajrul kok bisa di lingkaran istana?
    mungkin pintarnya di bagian suka potong pembicaraan orang lain

  • Supri Yadi

    Supri Yadi

    15 jam yang lalu

    dalam presiden sby itu nggak ada buzzer jahat kaya bikinan sekarang....yg laporkan buzzer.....

  • jonbudi

    jonbudi

    16 jam yang lalu

    Ok

  • Firdaus Roja'i

    Firdaus Roja'i

    16 jam yang lalu

    Fix, buzzer musuh bersama!!

  • Muchtar Aja

    Muchtar Aja

    16 jam yang lalu

    Ahok waktu itu terpaksa diadili krn tekanan publik sangat masif. Tapi pembalasan dendam nya thd kelompok Islam berkali2 lipat dan berlanjut sampai sekarang. Orang kalo masuk rezim jokowi otaknya mendadak rusak parah kayak yg satu ini ...

  • senja azzula

    senja azzula

    17 jam yang lalu

    Bnyak Rakyat yg mana ya yg lapor masalah kritik d dunia sosmed, mungkin rakyat buzzer yg lapor ya,, jdi lah UU ITE yg d tmbahin

  • Madha Yudi

    Madha Yudi

    17 jam yang lalu

    fajrul aktivis kaleng....oportunis!!! menjijiken!

  • Adi Triana

    Adi Triana

    17 jam yang lalu

    Setelah abu gosok kena auto revisi kan bangke.... Selama ini kmna aja bnyak banget yg bersebrangan dengan penguasa yg jadi korban UU ITE
    Dan kasus ahok itu bukan delik aduan
    Itupun karna ummat turun semua aja kejalan kalau kaga mah gabakal di proses

  • Hafidz Fadilloh

    Hafidz Fadilloh

    18 jam yang lalu

    Tukang ngeles kok sensi orang ngejawab 😂

  • Ika Mulyana

    Ika Mulyana

    19 jam yang lalu

    C fadjrol lieur

  • mama aura

    mama aura

    20 jam yang lalu

    Di dalam kasus ahok. Pantaskah, dan benarkah ahok mengutip ayat Al Qur'an. Sedangkan dia bukan org islam ? Jawab fajrul..

  • J0πh Ceπa

    J0πh Ceπa

    20 jam yang lalu

    Halah percuma group pasukan sakit hati ..gak slesai2 lah..kasus ahox mah sdh slasai gak lari dari masalah ..lah...lah...dasar lah mnding bagi2 nasbung lagi ..apa kangen kumpul2 bagi2 nasbung ya

  • Fariza Ismir Iman

    Fariza Ismir Iman

    20 jam yang lalu

    we stand for Bung Refly
    #Bung Refly jangan dilawan, Beliau ahli hukum Tata Negara

  • Fajar arjaken

    Fajar arjaken

    20 jam yang lalu

    Aku sangat berfikir positif....penjara penuh orang kritik dan presiden baru sadar karna baru dapati laporkan oleh polri... Presiden gak mau keluarin anggaran untuk memperluas penjara 🤣 btw ni jubir banyak topengnya sebenarnya pro ke presiden atau ke tuanya sih

  • Hermawan Fegaz

    Hermawan Fegaz

    22 jam yang lalu

    Cape..ngebahasnya. Intinya semua manut pada kepentingan.

  • MytwinPrim

    MytwinPrim

    22 jam yang lalu

    Tanya :
    "kalo si FR itu goblok termasuk delik aduan atau delik umum ?"
    Jawab :
    "Ooh... kalo itu termasuk DELIK TAKDIR."

  • wahyudi yudi

    wahyudi yudi

    23 jam yang lalu

    pak jubir soalnya di jaman pak SBY gak ada buzzer. itu bedanya

  • Riandi Saputra

    Riandi Saputra

    Hari Yang lalu

    Lucu bah jubir istana

  • Muhammad Sodikon

    Muhammad Sodikon

    Hari Yang lalu

    Kritik nyinyir fitnah berbeda

  • Muhammad Sodikon

    Muhammad Sodikon

    Hari Yang lalu

    Sy bukan buzzer
    Tp sy dukung bung fajrul

  • Husein Yafiq 2

    Husein Yafiq 2

    Hari Yang lalu

    Fajrul Fajrul..... Tuh dengerin ahli hukum ngomong...

  • Reski Afriana

    Reski Afriana

    Hari Yang lalu

    Fajrul ini otaknya di mana ngomongnya apa,,,gagal paham,,apakah ini yg dimaksudkan oleh p mahfud???sistim politik Indonesia malaikat pun kalau gabung bisa jadi setan(mahfud md)..

  • Cakra Naruto

    Cakra Naruto

    Hari Yang lalu

    Bang refli knapa kasus ahok diperkarakan, tp kasus somad yg hina salib jg g d proses jg? Ahok hanya korban lawan politiknya yg buat framing cap penista agama n yg dikatakan ahok jg benar bahwa banyak orang menjual agama demi ambisi politiknya.
    Berbicara mengenai kritik....kritik n fitnah itu beda, yg ada banyak orang yg berbicara atas nama kebebasan dg keblablasan, yg ada cenderung hoax n fitnah.

  • Tasman Tasman

    Tasman Tasman

    Hari Yang lalu

    Loe ini ngomong apa rolll

  • Tasman Tasman

    Tasman Tasman

    Hari Yang lalu

    Heeee fazrul ... anda klau tdk merasa agama mu di hina ahok ya sdh jgn banyak ngomong loe

  • ABD

    ABD

    Hari Yang lalu

    Fajroel:Ahoax korban??
    Si fajroel muslim apa kafir?

  • ABD

    ABD

    Hari Yang lalu

    Ahoax juga gak benar benar dipenjara

  • Tio Kartiosip

    Tio Kartiosip

    Hari Yang lalu

    Uu ite di revisi....mau jadi pahlawan gitu... di akhir kepemimpinan mau di anggap baik gitu...mau di anggap pahlawan gitu. Sudah berbuat cuci tangan... 3 tahun sebentar loh trus jd rakyat biasa loh...

  • CR Gaming

    CR Gaming

    Hari Yang lalu

    Klo panjul ngomong kok gw yg malu yak😅

  • Narev Igorov

    Narev Igorov

    Hari Yang lalu

    Fadjroel : ini negara merdeka..

  • iqbal Muttaqin

    iqbal Muttaqin

    Hari Yang lalu

    Ohh jadi masih sakit hati masalah dki itu ceritanya.. Berapa banyak korban loh bang fajroel. Berapa banyak lagi dendam itu menghancurkan bangsa ini. Capek bang ribut terus.

  • IZTY CHANNEL

    IZTY CHANNEL

    Hari Yang lalu

    Bunga Pajul tetap nanya korban apa bukan padahal udah di jawab bukan delik aduan terus pajrul maunya jawaban sepeti apa si ko udah kaya ujian SD ja kalo pertanyaan di sertakan pilihan jawaban bung pajrul huaddeeeueh

  • rita lubis

    rita lubis

    Hari Yang lalu

    si panjul lapar ngamuk, kenyang bego :v

  • Yugi beybeuh

    Yugi beybeuh

    Hari Yang lalu

    Bang refly memang cakep cerdas deh superr 🤗

  • La Ode Muhammad Ali Akbar

    La Ode Muhammad Ali Akbar

    Hari Yang lalu

    Fajrul "Anda tidak tegas"
    Refly "Ini bukan delik aduan".
    & Fajrul pun diam..

  • Arv Z War

    Arv Z War

    Hari Yang lalu

    251 kasus jaman SBY... BUKAN DI KASUSIN

  • ainan jalutian

    ainan jalutian

    Hari Yang lalu

    Demokrasi paling aneh

  • diag noza

    diag noza

    Hari Yang lalu

    Si jrul jadi lebay.. idiihh genit genit manja kl ngomong nya

  • Ego Waraz

    Ego Waraz

    Hari Yang lalu

    jrul fuckjrul mbuletttt wae koyo entut

  • hpi rizal

    hpi rizal

    Hari Yang lalu

    Pajrul bingung wkwkwk

  • Arsy Ta

    Arsy Ta

    Hari Yang lalu

    Wis waleh ngrungokke sampeyan p jul

  • Sukandar S.Sos, MM

    Sukandar S.Sos, MM

    Hari Yang lalu

    Panjul jubir presiden kok muter 2 bikin neg

  • Muhamad Fauzan

    Muhamad Fauzan

    Hari Yang lalu

    Mbak Najwa, kalau undang narsum untuk berdebat yg berimbang dong. Kalau Fajroel disandingkan dngan Prof. Refly ya kayak siswa TK lawan Mahasiswa. Nggak paham dan nggak nyambung

  • Supriadi Gustom

    Supriadi Gustom

    Hari Yang lalu

    Pak Jul awalnya saling melaporkan itu dari buzzerrp istana,yg menariknya laporan dari buzzerrp lngsng di tindaklanjuti dng penangkapan dan yg lbh menarik lg laporan dari lawan politik cm dianggap sampah...kalo tdk ada keadilan disuatu negeri tinggal menunggu waktunya...

  • Tri Hidayat

    Tri Hidayat

    Hari Yang lalu

    kalo ada yg masih membela ahok
    silahkan ikutin jejak kasusnya kalau mau lihat apa yg bakal terjadi lagi
    ..bpk pahrul monggo ikutan jejak kasusnya anda berani ???

  • Yuda Pratama

    Yuda Pratama

    Hari Yang lalu

    Prihatin karana abu janda dilaporin, kan buzzernya sendiri wkwk gagal lagi masukin buzzer pemerintah

  • Edward -

    Edward -

    Hari Yang lalu

    Nyemplung kolam langsung DUNGU!

  • Muh.Ridwan Idris

    Muh.Ridwan Idris

    Hari Yang lalu

    Like : rezim jokowi, terhancur dan perusak hukum
    Komen : like

  • Nanang Tukang

    Nanang Tukang

    Hari Yang lalu

    Roel Fajroel..paham gak?

  • Yoga Eka Prawita

    Yoga Eka Prawita

    Hari Yang lalu

    Fajrul pas bgt deh klo duet sm profesor henry

  • Abdul Raadi

    Abdul Raadi

    Hari Yang lalu

    Fadjrul lama2 tambah dungu

  • Raffa Kids

    Raffa Kids

    Hari Yang lalu

    Djrul abu janda bigimana ....kok masih melengang... anda tidak tegas dalam kasus abu janda...jrul...???

  • Saifuddin Asep

    Saifuddin Asep

    Hari Yang lalu

    Pengkritik juga harus siap dikritik.
    Mengkritik itu harus seperti ini, jangan seperti ini. Ini adalah sebuah kritik untuk pengkritik.
    عش ما شئت فانك ميت
    Hiduplah sesukamu tapi ingatlah bahwa kamu itu akan meninggal
    Jowo: ngono yo ngono ning ojo ngono
    Salam damai 🙏🙏🙏

  • Bang Hadi

    Bang Hadi

    Hari Yang lalu

    FAJRUL FIX KACUNG!!!!KETAHUAN BODOHNYA!AHOK BUKAN KORBAN!MELAINKAN PENJAHAT!!KARNA DALAH SATU TINDAK KEJAHATAN DI INDONESIA IALAH PENISTA AGAMA!!SESUAI DI UNDANG UNDANG.SIAPAPUN PENISTANYA,DAN APAPUN AGAMNYA WAJIB DI HUKUM!!JADI CLEAR,KALO AHOK ITU BUKAN KORBAN,MELAINKAN PENJAHAT.RALAT PENJAHAT ISTIMEWA!!!CANDA ISTIMEWA.HALUU SOBAT PEMUDA INDO YG NGELAMAR KERJA MASIH DI MINTA SURAT "SKCK".JANGAN AMPE IKUTIN TRIK AHOK YA!DRI PENISTA,MANTAN NAPI TAPI BISA JADI PETINGGI PERTAMINA :D.HANYA BISA D LAKUKAN OLEH ORANG PRO DAN PUNYA ORANG DALAM

  • Eka han Han

    Eka han Han

    2 hari yang lalu

    Pada Pura Pura blo'on ,

  • HNR fishing

    HNR fishing

    2 hari yang lalu

    Jk rafli orang bodoh aja.. Pertanyakan nya ga pantas dia orang yg pernah jadi pejabat.. Apa karena usaha km terganggu dengan ke bijakan pemerinta

  • Prisi Lia

    Prisi Lia

    2 hari yang lalu

    Kl buzzer n influence lapor ditindak lanjuti . Kl yg kritik oposisi didiaminya aja. Hukum apa negara ini. Alaah lu Fajrul intelektual lu dikemanakan ????. Bukan utk kepentingan bangsa

  • Prisi Lia

    Prisi Lia

    2 hari yang lalu

    Hancurkan orang2 dungu spt para buzzer n influenc

  • Moch Anwar

    Moch Anwar

    2 hari yang lalu

    KOK GAK MASALAH PEMBAHASAN MALAH KULIAH DATA . GIMANA MASYARAKAT BISA FAHAM

  • cat channel

    cat channel

    2 hari yang lalu

    Permasalahan cm satu... Kenapa bukan yg merasa dicemarkan nama baiknya yg melaporkan...

  • Danucuk trahwiitell

    Danucuk trahwiitell

    2 hari yang lalu

    Panjoel penjilat suverior emng

  • Enis 666

    Enis 666

    2 hari yang lalu

    Giliran ulamya udh PDA ditangkap dipenjarakan,bahkan ada yg dibantai,dia baru sadar ada yg slh,mau direvisi, penjarakan dlu tuh abu gosok jgn dipelihara,,,biar adil tuh,,,,jgn tajam sma yg menentang penguasa,,,

  • Enis 666

    Enis 666

    2 hari yang lalu

    Dia orang munafik,dlu sblm jd jongos nya istana dia slalu mengkritik pemerintahan,,,eh skrg udh duduk disampingnya sidia,yg salah aja jd benar hhh rul rul,,,jgan bodohi hatimu,,,

  • Alunk alunk

    Alunk alunk

    2 hari yang lalu

    Semua akan ada pertanggung jawaban di hadapan Alloh swt,,,,ada balas nya dunia dan akhirat,, bahkan di akhirat tidak akan dpt Naungan bagi para pemimpin yg tidak berlaku tidak Adil

  • Barrory Mirza

    Barrory Mirza

    2 hari yang lalu

    Woii.. kanjol.. itu bukan delik aduan kanjoll 😂😂😂

  • Arnis Kid Gio

    Arnis Kid Gio

    2 hari yang lalu

    Kritik Boleh, menghina jangan bambang..

  • Seputar Tani

    Seputar Tani

    2 hari yang lalu

    Gara2 abu jendol uu ite direfisi, hahaha kpn pak yg pinter ngomong tu gk tau namanya ribut masalah nasib petani pak, abu jendol aja yg difikirin.....

  • hafizh ahsan

    hafizh ahsan

    2 hari yang lalu

    dah jelas mimpinya ngibul dijadikan contoh wkwkwkwk

  • diyou chanel

    diyou chanel

    2 hari yang lalu

    Cari aman, susah jawab langsung bilang " oke ini masukan bagus, menarik untuk revisi uu ite" makasih

    • mama aura

      mama aura

      20 jam yang lalu

      Klo sudah kalah debat sperti itu si fajrul

  • Muhamad Badowi Badowi

    Muhamad Badowi Badowi

    2 hari yang lalu

    Fajrul Fajrul gak ada yg mau dger omong kosong mu. Yg anda omongkan itu beda dilapangan. Ahok itu bukan korban tapi sengaja merendahkan dan melecehkan ayat suci Al-Quran. Dan yg gak terima seluruh umat Islam yg beriman. Bukan yg munafik.

  • Ahmad Fadri Alba

    Ahmad Fadri Alba

    2 hari yang lalu

    Astaga naga...pilih jubir kok kek gini😝

  • Edi johan Johan

    Edi johan Johan

    2 hari yang lalu

    Jubir dajjal sdh mkn uang suap makanya selalu membela koruptor.

  • Uj Ujiahjohan

    Uj Ujiahjohan

    2 hari yang lalu

    Sahabat RH pasti cerdas 😂😂😂😂 dprnya ga paham bang refly,

  • x4®4kt€®!57!x

    x4®4kt€®!57!x

    2 hari yang lalu

    Sangat mudah bila pengen jadi orang munafik, tinggal ikut orang munafik aja selesai, cuma resikonya saat sakaratul maut nanti mau kemana kalian2 yang sudah masuk Ring orang2 munafik demi uang dan duniawi, Azab yang paling kecil tuh Banjir/Belum yang lain lagi/gara2 Pemimpin munafik Rakyat kecil ikut Menderita imbas Kemunafikan akibat orang besar,

  • lambing99

    lambing99

    2 hari yang lalu

    *AMANDEMEN* Pasal 34 ayat (1) UUD RI 1945 :
    *Fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh Negara*
    diusulkan spy mjd :
    *Fakir miskin, anak terlantar dan Buzzer dipelihara oleh Negara*

  • Davi Sabillillah

    Davi Sabillillah

    2 hari yang lalu

    Maaf mau tanya ini jukir apa jubir sih???

  • cipto sejati

    cipto sejati

    2 hari yang lalu

    Tidak ada komentar kritik pakai saja masker

  • Rachel Jessy

    Rachel Jessy

    2 hari yang lalu

    Coba biar gak ribut,pisang gorengnya dikeluarin dong,kan enak debat sambil mkn pisgor

  • i love KDrama

    i love KDrama

    2 hari yang lalu

    Mba asfina sampe cengo dengerin bapak ngomong ngalor ngidulllllll huhuhu

  • Topartala Tomanjheng

    Topartala Tomanjheng

    2 hari yang lalu

    Mantap la negara kita ini

  • suroso carmadi

    suroso carmadi

    2 hari yang lalu

    FAJRUL PAHAM GAK ....

  • yosep iskandar

    yosep iskandar

    2 hari yang lalu

    Tentu sjj banyak' 2 sudah guna suguhan kan berita / informas'e basi tlh di sodor kan kembali di atas meja makan media pd masyarakat agar dpat di telan nyoo bulat 2 gito khlee

  • sinistra bookstore

    sinistra bookstore

    2 hari yang lalu

    Jrul jrul ITB cap apa sih lu ckck

  • Moh zaky ubaidillah

    Moh zaky ubaidillah

    2 hari yang lalu

    Ati* kang bakso gaes wkwk

  • Farid Ibrahim

    Farid Ibrahim

    2 hari yang lalu

    Gmn pa dgn kasus GAR ITB, itu jg hrs d tuntas kan, jgn lah d perbudak jabatan yg smentara klu nanti akan merugi kalian sendiri d Akhirat. Org sukses itu yg mati Surga,bkn msk Neraka, karena d Dunia tdk bs berbuat ADIL.

  • Eko Hartono

    Eko Hartono

    2 hari yang lalu

    Gak bakalan nonton acara anda

  • Hary Sasuko

    Hary Sasuko

    2 hari yang lalu

    Muyek fajrul Ngewes aja ahok lain cerita anakupun pak lurah gak Ada tindakanya

  • Berita jaman sekarang

    Berita jaman sekarang

    2 hari yang lalu

    Mantap mbak nazwa dan refly harun

  • Feri Nain

    Feri Nain

    2 hari yang lalu

    Ahok sengaja ditangkap agar publik tenang aja, itupun ada bayarannya sehingga ahok dapat jabatan setelah keluar.. itu udah disetting agar pihak penguasa aman, main aman..
    Kalo mau berikan contoh, berikan contoh yg masuk akal jrul