Mengungkap Sebab Malapetaka KRI Nanggala

Dipublikasikan tanggal 24 Apr 2021
Ditonton 1 103 088
850

Alat utama sistem senjata (alutsista) Indonesia kembali menorehkan cerita pilu. Tragedi kapal selam Nanggala-402 merupakan kecelakaan kapal selam pertama di Indonesia. Namun, di lain sisi, ini adalah yang kesekian kalinya kejadian tidak menyenangkan menimpa alutsista kita yang memang kebanyakan sudah renta. Mulai dari pesawat tempur hingga pesawat dan helikopter angkut.
Lantas, apa penyebab kecelakaan kapal selam KRI Nanggala-402 ini? Benarkah ada mafia bisnis alutsista?
Simak pembahasan lengkapnya dalam diskusi Crosscheck "MENGUNGKAP SEBAB MALAPETAKA KRI NANGGALA"
Bersama narasumber:
-M. Farhan (Anggota Komisi I DPR RI)
-Connie Rahakundini Bakrie (Pengamat Militer)
-Laksamana Muda (Purn) Soleman Ponto (Mantan Kabais TNI)
#PrayForKRINanggala402 #CrosscheckWithIndraMaulana

medcom id
Komentar  
  • Sandy Uda

    Sandy Uda

    2 hari yang lalu

    Gw yakin pasti mulkodog yg dilindungi raja kodog, makanya dia berulah apapun masih tetap disayang Krn pinter cari ketebelece buat bancakan

  • Nyco Ardianto

    Nyco Ardianto

    5 hari yang lalu

    Omongnya Prabowo benar berarti kalau Indonesia masih lemah dalam pertahanannya

  • Dwi anjar

    Dwi anjar

    6 hari yang lalu

    Teka teki Mister M ?

  • Moch Mudhar

    Moch Mudhar

    7 hari yang lalu

    Buuka aja mr "m" itu siapa aja

  • abukisoccul abukisoccul

    abukisoccul abukisoccul

    10 hari yang lalu

    nangmudjang pancurbatu kaztubi jambuluwuk 😃👍

  • abukisoccul abukisoccul

    abukisoccul abukisoccul

    10 hari yang lalu

    Irene 😊👍

  • Sekretaris_Atik_Bandungan

    Sekretaris_Atik_Bandungan

    10 hari yang lalu

    Bu koni mirip bossman versi perempuan 👍👍

  • Depar Dewi

    Depar Dewi

    10 hari yang lalu

    modernisasi alutsista tni Lo ketik di google pasti ketahuan siapa inisial Mr M tebak aja entar muncul semua deh

  • Ade Djamhuri

    Ade Djamhuri

    11 hari yang lalu

    Yg jelas dlm setiap Pengadaan materil/Alut,Waspadai & Investigasi perbuatan hukum Rekayasa baik Mark Up aplg Fiktif..,apalagi yg berkaitan dg Risiko Nyawa.....Harus Ketat Standarisasi./Normatif.
    Waspadai , Antisipasi & Investigasi Kualitas dan Kuantitas...berbasis Kompetensi/IPTEKnya ( Profesional/ahli + Akuntabilitas/ dpt dipertanggung jawabkan)..
    ( Kuncinya the man behind the gun /system')...

  • Najib SH

    Najib SH

    12 hari yang lalu

    Ayo siapa Mr, M itu

  • Mpep Mhk

    Mpep Mhk

    12 hari yang lalu

    Malu ya pasti,ini ibu pintar bicara hehe...maaf sy cm rahayat jelata...tapi jadi fahambhehs

  • Green Natural Hairtonic Channel

    Green Natural Hairtonic Channel

    12 hari yang lalu

    MR. m, si moel ya???

  • Yon Wisra

    Yon Wisra

    12 hari yang lalu

    Trendingkaaaaaan

  • ayu sandi

    ayu sandi

    12 hari yang lalu

    Intinya banyak bajingan penjilat pebisnis amerika. Yg pernah liat film American Wardog pasti paham.

  • Yagami Light

    Yagami Light

    12 hari yang lalu

    Setiap anak2 bangsa Indonesia mesti ngejaga orang2 seperti ibu Connie Rahankudini dari "tangan2 iseng" yang mau menyekat sepak terjang mereka

  • Esa Has

    Esa Has

    12 hari yang lalu

    ini repotnya kalo tdk tuntas bicara....semua media baik mainstream maupun sosial akhirnya membahas yg tdk perlu dibahas....ngeri sekali bangsa ini kalo information management nya saja sdh sedemikian amburadulnya....
    Akhirnya KRI Nanggala 402 menjadi korban mis information yg tdk bertanggung jawab...thn 2012, esbeye adalah presiden dan yg duduk sbg panglima, mbuh - ksal, mbuh - menhan, mbuh...ya dicari saja siapa yg bertanggung ketika kapal ini direstorasi di Korea.

  • Al Akbar Saputra

    Al Akbar Saputra

    12 hari yang lalu

    Semoga mr.M bisa merasakan kepedihan keluarga para prajurit yg telah wafat

  • Random TV

    Random TV

    12 hari yang lalu

    Masa' sih kabar ini bakal hilang begitu saja? Gak ditindaklanjuti sama sekali? Mentang² berhubungan dengan TNI kah, atau gimana? Plis lah pemerintah, peka dikit sama yg beginian, jangan pilih² jenis mafia nya, hadeuhh...

  • Eli Widya

    Eli Widya

    12 hari yang lalu

    Gak sanggup nerima kenyataan kalo ini ulah para mafia dan user"nya. Bener" dibutakan oleh uang,.sampe gak punya rasa kemanusiaan

  • Arnold Sugiono

    Arnold Sugiono

    12 hari yang lalu

    Knpa pke dirahasiakan nama mr M....
    Sebut ajj nama nya....
    Klu terbukti akan berhadapan dgn seluruh tni dan rakyat Indonesia...

  • Athaya Fatin

    Athaya Fatin

    12 hari yang lalu

    wow... Mr. M........?
    tukang kudeta kayaknya nih...

  • Herison Selayan

    Herison Selayan

    12 hari yang lalu

    Ⓜ️⁉️⁉️⁉️⁉️🚔🚔🚓🚓

  • Luis Gabriel

    Luis Gabriel

    13 hari yang lalu

    Farhan f35 wae.. parah. Gak capable bidang alutista malah pegang panja. Mending Connie paham banget

  • Genta Aradhea

    Genta Aradhea

    13 hari yang lalu

    HUKUM MATI KORUPTOR !!!!!!

  • andy juns

    andy juns

    13 hari yang lalu

    mister "M"

  • darmawan jaya286

    darmawan jaya286

    13 hari yang lalu

    Mister M, mister =wati, oh ya ya

  • Tanti Dewi

    Tanti Dewi

    13 hari yang lalu

    Trendingkan

  • Gusti Wijaya

    Gusti Wijaya

    13 hari yang lalu

    viralkan!!!!

  • Imam Buchori

    Imam Buchori

    13 hari yang lalu

    Lebih jahat mana Mafia alutsista TNI, dengan teroris dan separatis Papua? Mhn pencerahan.

  • aceng rawa

    aceng rawa

    13 hari yang lalu

    Jangan di buat mesteri... . Selalu ada ny teka teki maka tidak ada kejelasan otak pintar di negara ini. Teliti,jelas, adili atas perbuatan nya

  • Tes Akun

    Tes Akun

    13 hari yang lalu

    Siapa mafia bisnis covid? Beranikah ungkap?

  • Beed Reyer

    Beed Reyer

    14 hari yang lalu

    hanya ada di 62+ apa" sangjut paut misteri dan jadikn bahasan konten mulut
    ingat kapal tenggelam nggk di alami di indo sja negara"lain pun pernah merasakn nya
    jdi lbih luas lagi lah

  • Ruhimat User

    Ruhimat User

    14 hari yang lalu

    Ya Alloh, pertahanan RI ko parah banget, perli sepcepatnya do benahi, demi keselamatsn bangsa

  • rocky abdoel Lah

    rocky abdoel Lah

    14 hari yang lalu

    🤦🏻‍♂️😭 indonesia raya ku,menyederhanakan segala hal sampai berakibat fatal😢😞

  • Tumpak Wilis

    Tumpak Wilis

    14 hari yang lalu

    Indonesia klu udh ada korban baru trending kapan mau berubah baik

  • Tumpak Wilis

    Tumpak Wilis

    14 hari yang lalu

    Udah gak rasia umum lagi semakin loyo alatperang kita ngeri haduh mau jd apa negara kita ini di audit pasti parah itu

  • rani febriana

    rani febriana

    14 hari yang lalu

    mantap. Mgkin org2 seperti ini yg dibutuhkan untuk mendukung kemajuan indonesia yg bersinar terang..

  • Pojok Anindya

    Pojok Anindya

    14 hari yang lalu

    53 awak, mereka bukan ayahq, bukan kakakq, bukan adikq, bukan pasanganq... nelangsa kehilangan mereka, tp harus ikhlas agar mereka tenang di surga

  • Balqis Ahmad

    Balqis Ahmad

    14 hari yang lalu

    Investasi nyawa oy......jgn main2 uang negara,panglima TNI harakiri dong dgn kesalahan perintah,jalankan korban nyawa byk oyyy....

  • Balqis Ahmad

    Balqis Ahmad

    14 hari yang lalu

    Bukan dari negara asal juga kali,titipany yg kebanyakan,hrg jadi bengkak,sadar deh....jgn kebykan titipan,kshan pengusaha juga kali

  • Jhoni edward

    Jhoni edward

    14 hari yang lalu

    Asyik baca komen pada nanyain siapa Mr.M,, banyak yang keceplos dan jawabannya sama...

  • Jhoni edward

    Jhoni edward

    14 hari yang lalu

    Siapa sih Mr. M

  • Vera Juniarti

    Vera Juniarti

    14 hari yang lalu

    Sepintar²nya tupai melompat... bakal jatuh juga...
    Sepintar²nya koruptor.. bakal ketangkap juga...
    SEPINTAR²NYA KITA MENANGKAP.. TETAP ADA KORUPTOR YG LBH PINTAR MELOMPAT..

  • Vera Juniarti

    Vera Juniarti

    14 hari yang lalu

    Saya sangat menyarankan...
    Bu connie harus di jadikan pengawas militer dan membangun sistem pengamatan dan pertahanan militer...
    Dan levelnya setingkat menhan..
    Bangun sistem pertahanan layaknya pentagon buk...
    Saya yakin semua bisa di atur dan di awasi...
    Saya yakin ada scenario korupsi di badan pertahanan militer.. karna sering kita luput dan abai kepada militer..
    Kita terlalu terlena dgn statement kecanggihan² alutsista kita yg "MUMPUNI"
    Padahal saya merasa alutsista kita masih jauh dari kata cukup...

  • Vera Juniarti

    Vera Juniarti

    14 hari yang lalu

    Selama indonesia tidak memberlakukan hukuman mati buat para koruptor...
    Saya yakin.. indonesia bakal stuck bahkan mundur perlahan...
    Mau sekeras apapun kita berusaha mengendus aksi korupsi...
    Pasti ada jalan buat mereka menggigit NKRI..
    Dgn adanya UU hukuman mati buat koruptor.. saya yakin akan membuat para koruptor berpikir 10x utk melakukan aksinya...
    NB:
    Sepintar²nya tupai melompat.. bakal jatuh juga...
    Sepintar²nya koruptor... bakal ketangkap juga..
    TAPIII.... Jgn lupakan...
    Sepintar²nya kita menangkap koruptor... bakal ada juga koruptor yg lebih pintar mrlompat...

  • djun san

    djun san

    14 hari yang lalu

    Yah boleh relakan

  • Nanda S

    Nanda S

    14 hari yang lalu

    Kalo benar adanya, kenapa harus dirahasiakan lg inisialnya doang dikasi, knp ga langsung sebut, tindak tangkap, klo pun susah berarti jelas negeri ini gak bakal bs maju klo hal ini masih ada

  • Rakana Wijaya

    Rakana Wijaya

    14 hari yang lalu

    Menyedihkan..semoga cepat terbongkar misteri alutista ini.

  • Kunyah The Pisang

    Kunyah The Pisang

    14 hari yang lalu

    Soal belanja lebih baik minta ibu2 yg belanja. Pasti super hemat dan berkualitas. Semua diprintilin satu2. Dikomen satu2. Ibu2 paling pandai nego dlm belanja. Ribet juga ya belanja banyak pihaknya jalurnya sampe rame gitu. Bisa dipangkas ga ya. Itu seperti percaloan..haha. klo ga beli dr Amerika ga masalah kali ya. Kelihatan kali klo beli dr Iran saingannya ga senang langsg dipantengin. Ya klo GT bilang aja ke Amerika klo mau kita beli produk kamu, ya jlnnya jgn dipersulit GT. Atau rubah sistem undang2 internasional. Toh undang2nya mereka jg yg buat biar makin nambah cuan. Ga ada yg ribet klo Asia mau bergandeng tangan. Itulah gunanya bila link kerjasama setiap negara banyak dan menempatkan org yg tepat utk bernegosiasi dlm batas wajar. JD pilihlah negosiator atau pembicara handal untuk negara Indonesia tanpa ada embel kepentingan pribadi didlmnya.

  • Triyono Kakashi

    Triyono Kakashi

    14 hari yang lalu

    Ini baru nama nya pengamat militer yg kompeten jangan kayak yg di tv sebelah😆😆😆

  • C L

    C L

    14 hari yang lalu

    Buat pejabat yg tahu informasi yang menyimpang di semua lembaga ke Negaraan..fix kalian lah pengkhianat Bangsa sesungguhnya..membiarkan 53 Pahlawan terbaik gugur sia sia..

  • Rubi Herwin

    Rubi Herwin

    14 hari yang lalu

    Lord of war keren

  • Sacred Of Midnight Official

    Sacred Of Midnight Official

    14 hari yang lalu

    Koruptor itu hqrus dihukum mati

  • I am Bean

    I am Bean

    14 hari yang lalu

    Inisial mulu .TO THE POINT LAH NEGARA KU

  • baron skyber

    baron skyber

    14 hari yang lalu

    Indo sdh darurat ttg pengadaan alutista dikaitkan adanya mafia alutista. Sdh disebut "mr.m" sbg mafia yg dimaksud. Pertanyaan nya, seberapa sulit, seberapa powerfull, seberapa bahaya, jika mr.m diungkap jelas n diproses hukum jika mm ada unsur pelanggaran hukum atau indikasi korupsi. Aneh kalo tdk ada yg berani ungkap. Ini masalah pertahanan nasional lho, yg tdk bisa ditawar2.

  • Muhammad Mutdatsir

    Muhammad Mutdatsir

    14 hari yang lalu

    GAK USAH PUSING...OTAK INDONESIA OTAK SUPER...OTAK BJ HABIBIE...YG PENTING UTK MEMELA NEGARA N RAKYAT SEUTUHNYA.....KARENA MEMBUAT SQTU JENKATA...N BERULANG ULANG PASTI JADI CANGGIH N AKAN MELAHIRJAN PRODUK BARU...YG PNTING SERIUS N YAKIN.GK USAH MIKIR BELI MELULU....YG PENTIBG SERDADUNYA SAKTI N GAK KURANG GAJINYA...DAH🔰

  • tedi uthe

    tedi uthe

    14 hari yang lalu

    Mardigu-conie capres 2024👍

  • Ardiansyah ardi

    Ardiansyah ardi

    14 hari yang lalu

    Up trendingkan truss sampai seluruh masyarakat Indonesia tahu smua

  • Ardiansyah ardi

    Ardiansyah ardi

    14 hari yang lalu

    Misteri Siapakah mister M ini mari kita kawal dan trandingkan ini smua demi Negara tercinta ini supaya tidak terpecah belah. Dan tetap terjaga dri mafia mafia licik yang bermain main dlm negara tercinta kita ini

  • Juju Juhanah

    Juju Juhanah

    14 hari yang lalu

    Kasian sekali....hhhhh

  • Johan Koto

    Johan Koto

    14 hari yang lalu

    Siapa mr "m" ya mafia infor alusita
    .???

  • M. Sahril Rahman

    M. Sahril Rahman

    14 hari yang lalu

    Mukidi?
    Mulyono?
    Mulyana?
    Messi?
    M?

  • Kistina Rtm

    Kistina Rtm

    15 hari yang lalu

    Pantesan aja para petinggi militer kaya2.
    Hemmmmmmmmmm

  • Iwa Maru

    Iwa Maru

    15 hari yang lalu

    Mr M (sang kudeta), ,,,,,

  • Aqilla Nathania

    Aqilla Nathania

    15 hari yang lalu

    m mungkin medcom id 😅😁

  • Indo Arab Couple

    Indo Arab Couple

    15 hari yang lalu

    please deh itu menhan Katanya lebih dari TNI ,mau jd president kan dulu skrg saatnya menunjukan kemampuan Bapak lah Jangan politic doang , klo mw beli alutsista transparent Jangan bekas n Bisnis doang. Ini masalah nyawa dan prajurit TNI itu asset negara jd harus nya dikasih alat2 yg canggih bukan ecek2 membahayakan nyawa mereka . Mereka org2 hebat sangat disayangkan dikasih Alat perang bekas.

  • Darah Juang

    Darah Juang

    15 hari yang lalu

    Indonesia sarang kuruptor🥺

  • peace world

    peace world

    15 hari yang lalu

    Mafia memang sudah mendarah daging disemua proyek pemerintah...pertambangan, pertanahan, perdagangan , pertahanan dsb dsb...bgm membasminya?tanyalah pada rumput yg bergoyang.
    ...

  • Boys'R Official

    Boys'R Official

    15 hari yang lalu

    Mr M, siapa kau keluarlah...!!!!!

  • Rifqi Andrian

    Rifqi Andrian

    15 hari yang lalu

    54:20

  • Gendhis Mangestining Ambarwati

    Gendhis Mangestining Ambarwati

    15 hari yang lalu

    Berarti NKRI ini benar benar banyak oknum nakal yg makan uang negara...hingga segini parahnya...

  • Shauwirrs Erik

    Shauwirrs Erik

    15 hari yang lalu

    Diapa mr m angkatt ke publik

  • Yuda Sena

    Yuda Sena

    15 hari yang lalu

    Wajib hukumnya dipodcast Deddy Corbuzier !

  • Abah molen & risoles Bandung

    Abah molen & risoles Bandung

    15 hari yang lalu

    Pejabat yang nyari duit dengan jadi broker itu ternyata ada di berbagai lini.

  • FOE foe

    FOE foe

    15 hari yang lalu

    Ngomong A I U E O inti masalah indonesia cuma KORUPSI

  • andhitiya

    andhitiya

    15 hari yang lalu

    Dari gimiknya sepertinya yg di sindir itu menhan,, secara pas bru menjabat ribut minta anggaran kemenhan naik, lah trus anggaran yg membengkak itu d bwa kemana,,?

  • Amir Amir

    Amir Amir

    15 hari yang lalu

    Suatu peralatan teknologi termasuk alutsista sekalipun sudah tua/lama tidak masalah jika disertai dengan pemeliharaan yang baik agar availability dapat menunjang pelaksanaan tugas pertahanan negara.

  • Yulia Loho

    Yulia Loho

    15 hari yang lalu

    ya ampun, aku yg buta, mulai bisa melihat paling tidak sebiji sesawi lah.. indonesia se-complicated ini.. perlu orang2 miskin yg jujur 😁

  • ady daw

    ady daw

    15 hari yang lalu

    M..???

  • Pemuda Tersesat

    Pemuda Tersesat

    15 hari yang lalu

    siapa mafia ALUTSISTA, yang pasti SULITSISTA.

  • Budi hartono

    Budi hartono

    15 hari yang lalu

    Ada yang tau initial Mr M....????
    semoga Ke depan alusista TNI
    makin ok....
    makin modern ....👍👍👍👍

  • Fahmi Nur hakim

    Fahmi Nur hakim

    15 hari yang lalu

    Mr m kyxnya yg prnah menjabat panglima tni

  • Dewi Maemanah

    Dewi Maemanah

    15 hari yang lalu

    Siapa si mr. M itu?

  • H W

    H W

    15 hari yang lalu

    Menhan mesti di reshufle.

  • Novalia Kartini Baiq

    Novalia Kartini Baiq

    15 hari yang lalu

    Moldoko

  • gigih hardewo

    gigih hardewo

    15 hari yang lalu

    bikin trending aja guys...... sorot terus.
    biar kapok tu mafia" yang ngorupsi dana" perawatan dan pengadaan alutsista....... masak iya kita rakyat terus dibodohi sama para penjahat kerah putih......Stop korupsi.
    yang pada akhirnya prajurit" terbaik kita menjadi korban....... semoga amal mereka diterima oleh Allah SWT dan diberikan tempat yang terbaik disisiNya. amin

  • D Production

    D Production

    15 hari yang lalu

    Waduh,,bahaya sekali ya , ada kw nya.

  • Re - Gen

    Re - Gen

    15 hari yang lalu

    Trending

  • Jati Sajati

    Jati Sajati

    15 hari yang lalu

    Topik ederhana...para pakar di croscek ini insyaAlloh kan membawa keselamatan kejayaan nasib bangsa dan negara yang kita cintai...👍🙏

  • D Production

    D Production

    15 hari yang lalu

    Waduh...menghawatirkan rupanya ???

  • Agus Muhammad Ali

    Agus Muhammad Ali

    15 hari yang lalu

    Lawan hantu INFLASI dengan printing money membangun ALUTSISTA SECARA BERDAULAT, di REPUBLIK INDONESIA TERCINTA INI BANYAK ORANG-ORANG ILMUAN MUMPUNI UNTUK MENGEKSPLOR DIRINYA DENGAN KEUANGAN YANG BERDAULAT, SEHINGGA ALUTSISTA KITA TANGGUH, GAK USAH PERHATIKAN THE FED ATAU IMF DAN LAIN-LAIN YANG MENGKERDILKAN KEDAULATAN REPUBLIK INDONESIA TERCINTA......

  • Waluyo Sejati

    Waluyo Sejati

    15 hari yang lalu

    Musibah silih berganti dan takan pernah berhenti sblm manusia 2 munafik bertobst utk koreksi diri. Wallohuallam

  • Folkwin

    Folkwin

    15 hari yang lalu

    Indonesia mafianya banyak, apa aja yg ada cuan dimafiakan, dari Hulu sampai hilir, mulai dr yg lg trend d bicarakan spt Mafia Alutsista TNI/Polri, mafia minyak& gas,Mafia alkes & Mafia2 lainnya, miris memang negara ini mental aparat & pejabat2nya, semua d kontrol cukong....

  • Alfata Project

    Alfata Project

    15 hari yang lalu

    Korupsi - Pemilihan umum - partai - demokrasi.
    Korupsi karena demokrasi

  • Agus Rianto

    Agus Rianto

    15 hari yang lalu

    M= MAS MINGUN..
    M= MAS DUDUNG..
    M= MAS KAMPRET..
    M= MAS KODOK...
    M= MAS GARENG..
    M= MAS PETRUK..
    M= MAS KARYO..


    APAPUN INISIALNYA..DIA ADALAH MANUSIA SIALAN YG TERKUTUK BINATANG RAJA TEGA..

  • Angel sari Sari

    Angel sari Sari

    15 hari yang lalu

    TRENDING KAN

  • Lutfi Zahidin

    Lutfi Zahidin

    15 hari yang lalu

    Siapa si m

  • Nazhara Rachel

    Nazhara Rachel

    15 hari yang lalu

    Trendingkan

  • Dendi Aquatic

    Dendi Aquatic

    15 hari yang lalu

    Mister M, itu Maman Racing

  • Boby Rezkiawan

    Boby Rezkiawan

    15 hari yang lalu

    Hemmmm