Penyebab Serangan Harimau Meningkat di Sumatra Utara

Dipublikasikan tanggal 1 Mei 2021
Ditonton 957 749
478

Penduduk di sekitar Taman Nasional Leuser, Aceh, khawatir dengan harimau Sumatra yang kerap menyerang hewan ternak dan semakin mendekati permukiman mereka.

Serangan harimau dulu jarang terjadi, tapi sekarang mengalami peningkatan di Sumatra Utara. Sepanjang 2019-2020, wilayah ini mencatat sedikitnya 20 ekor hewan ternak yang mati diterkam kucing besar.

Akibatnya, ekonomi petani pun terdampak. Mereka mengalami kerugian sekitar Rp145 juta. Konflik harimau-manusia juga memiliki ancaman yang jauh lebih besar, dan membahayakan nyawa mereka-mereka yang mata pencahariannya bergantung dari hutan.

Video, artikel sehari-hari, dan lebih banyak lagi: vice.com/id
Like VICE Indonesia di Facebook: VICEID
Follow VICE Indonesia di Twitter: vice_id
Follow kami di Instagram: viceind

VICE Indonesia
Komentar  
  • Faizal Mohd

    Faizal Mohd

    3 jam yang lalu

    suka menyampuk org bercakap..pening nak dengar mana satu

  • RIVAN gamer

    RIVAN gamer

    10 jam yang lalu

    Gw baru Nemu video Gore yang ga di sensor mantap.nih vice indo

  • GENTRA PAKIDULAN

    GENTRA PAKIDULAN

    20 jam yang lalu

    Harimau dilindungi... korbannya manusia dan ternak....

  • proo jinkss

    proo jinkss

    Hari Yang lalu

    pak bukan harimau nya yang harus dipindahkan.. <
    tapi manusia nya harus pindah .. ,,

  • Nawan Heriyanto

    Nawan Heriyanto

    2 hari yang lalu

    nahh lu tinggal ddeket lingkungnnya...yg salah sapa..namanya binatang..nyari makan...

  • Hp Saya

    Hp Saya

    3 hari yang lalu

    Makin banyak hutan gundul ya gitu lah kejadianya

  • OKI ST WIJAYA

    OKI ST WIJAYA

    3 hari yang lalu

    11:08 kata-kata super sebagai penutup.

  • Ahmad Elmoen

    Ahmad Elmoen

    4 hari yang lalu

    Wajar saja sawit ada dimana-mana, rantai makanan pun menjadi tidak stabil

  • Lek Wit

    Lek Wit

    4 hari yang lalu

    Harimau ngamuk......Krn perbuatan manusia itu sdri.....mgkn habitat utk harimau skrg jadi kbun sawit....mau TDK mau....hewan yg lain jg tersisih n akhirnya hewan2 terdesak n makanan harimau jg menipis jadi terpaksa cari diluar habitat mereja

  • Gsggs Vdvvd

    Gsggs Vdvvd

    4 hari yang lalu

    Habitat nya rusak ekosistem rusak dan mata rantai makananya sudah terputus, terpaksa cari mskan di kampung yg berbatas dgan habitat nya, simbiosis yg abnormal, ehm.

  • SDN 1 SIDARAHAYU

    SDN 1 SIDARAHAYU

    4 hari yang lalu

    Indonesia banyak masalah nya Indonesia semakin kacau

  • Ayeh Permana

    Ayeh Permana

    5 hari yang lalu

    Mereka hanya kelaparan ,,

  • Zhi Official

    Zhi Official

    5 hari yang lalu

    Jangan mendekat ke habitat na dan jangen merusak habitat na kalo ga mau di ganggu harimau.
    Jgn bangunin macan lagi tidurlah, dan jgn diburu ! Udah cukup indonesia kehilangan endemik harimau bali dan harimau jawa. Kini harimau sumatera pun terancam punah !
    Hewan kan cm mengikuti insting na, manusia na aj yg udah di kasih Tuhan akal dan pikiran tp lebih keji dr hewan

  • Yermiana Adi

    Yermiana Adi

    6 hari yang lalu

    Menakutkan sekali kalau mau keluar rumah...

  • Riyan Hidayat

    Riyan Hidayat

    6 hari yang lalu

    Siapa yang salah kalau sudah begini.. Naluri siapa yg lebih liar.. Manuasia atau hewan. Semoga warga disana selalu dalam lindungan Allah swt.

  • Raditya Regata

    Raditya Regata

    6 hari yang lalu

    Kau ganggu saya
    Saya ganggu kamu
    Itulah pikiran si raja rimba

  • Motolover Motolover

    Motolover Motolover

    6 hari yang lalu

    Karena hutan sudah berubah fungsi dan makananya sudah berkurang.

  • Darwin Winwin

    Darwin Winwin

    6 hari yang lalu

    Musnah kan, dari pada mengancam masarakat

  • ZaRot PB

    ZaRot PB

    6 hari yang lalu

    Makanan alami nya habis kali di buru
    Kaya babi hutan

  • Graceman Os

    Graceman Os

    6 hari yang lalu

    harimau lagi yang disalahkan. sampai kapan begini ?. lahan sawit lama kelamaan makin luas bukanya dibatasi pemerintah. sudah cukup lahan yang ada sekarang ini, masyarakat resah keberadaan harimau. YANG BUAT SEPERTI ITU SIAPA, HARIMAU ?

  • ulix prasetyo

    ulix prasetyo

    6 hari yang lalu

    semakin sempitnya habitat harimau karena tergerus pembukaan lahan untuk perkebunan menjadikan sebab utama hewan liar ini masuk ke pemukiman manusia.............

  • Santri Wisakti

    Santri Wisakti

    7 hari yang lalu

    Mantap kata kata bapak yg terakhir bicara,👍.

  • chanel gak eneng

    chanel gak eneng

    7 hari yang lalu

    Biar hutan jadi tempat tinggalnya jgn usik tempat mereka tinggal karna keserakahan manusia mereka kehilangan tempat memburu untuk bertahan hidup karna itu lah mereka keluar untuk mencari buruan

  • Satuwa Official

    Satuwa Official

    7 hari yang lalu

    Waduhhh

  • Fauzan Ihsan

    Fauzan Ihsan

    7 hari yang lalu

    Makhluk paling ganas serakah dan kejam ya manusia itu sendiri

  • Rino Yuliafano

    Rino Yuliafano

    8 hari yang lalu

    pERAN PEMERINTAH GIMANA NIH? KALO TAMAN NASIONAL BISA BEGINI?

  • Ujang Wahelman

    Ujang Wahelman

    8 hari yang lalu

    Bukan harimau yg mendekati rumah warga tp warga yg sudah mulai mendekati dn menghancurkan tempat hbitat harimau itu...

  • Imron 1922

    Imron 1922

    8 hari yang lalu

    Kenapa binatang buas yg bisa mngancam jiwa manusia tdk boleh dibunuh?? Apa g lbh baik dimusnahkan saja??? Demi keselamatan manusia dari terkaman maut harimau.

    • Fifthharmony Indonesia

      Fifthharmony Indonesia

      7 hari yang lalu

      Lah itu tempatny harimau manusia aja yg mengusik mending lu aja yg musnah

  • Thrashert Thrash

    Thrashert Thrash

    8 hari yang lalu

    00:30 harimau pun resah karena tempat tinggal mereka di gunduli menjadi perkebunan dan ,rantai makanan mereka habis ,dan wajar jika mereka mencari makanan apa pun yg di temui di desa atau pun orang yg sedang berada di kebun jadi mangsa harimau karena makanan mereka habis dan tempat tinggal mereka(hutan)di babat jadi perkebunan,jujur ya di tempat tinggal(desa kami)juga ada harimau tetapi mereka tak mengganggu penduduk karena tempat tinggal dan rantai makanan mereka tak kami ganggu🙏

  • ahmad ardyansah

    ahmad ardyansah

    9 hari yang lalu

    Akibat kerakusan manusia.

  • Misraton Misraton

    Misraton Misraton

    9 hari yang lalu

    Kl mau di tumpas GK dikasih dulu

  • Angga 505

    Angga 505

    9 hari yang lalu

    Seharusnya di kasih batas atau di tangkap ajalah dikurung lahh biar gak ada korban lagi

  • Sut ono

    Sut ono

    10 hari yang lalu

    Lindungilah jangan sampai di buru hentikan pemburu2 liar terimakasih

  • channel Rasin

    channel Rasin

    10 hari yang lalu

    Kalo satwa ini di lindungi... Apakah pemerintah memberi makan/menyediakan makanan untuk harimau ini di lokasi tertentu?

  • carlos singer

    carlos singer

    10 hari yang lalu

    Harimau penjaga hutan supaya hutan tidak habis utk bikin rumah dan kebun....memindahkan harimau maka manusia jadi bebas masuk hutan dan menebangnya sampai botak hutannya...
    Makanya berhenti bikin anak banyak dan berhenti poligami, berhenti juga yg ingin pernikahan dini, berhenti juga bikin acara pernikan masal yg mengakibatkan membludaknya angka kelahiran dan penduduk jadi padat dan mengungsi cari hutan utk tempat tinggal baru.

  • carlos singer

    carlos singer

    10 hari yang lalu

    Warganya muslim semua...jadi dipastikan mereka tidak memelihara Anjing.
    Padahal Anjing bisa berguna utk sbg alaram/bel utk mengetahui datangnya harimau....kalau anjing dikampung banyak tentu harimau takkan berani masuk kampung.
    Segera pelihara anjing sbg penjaga ternak...
    Babi hutan juga jangan dibunuh...karena jika pakan harimau di hutan cukup, maka ia tidak perlu cari makan dgn masuk kampung.

    • Fifthharmony Indonesia

      Fifthharmony Indonesia

      7 hari yang lalu

      Tapi berguna sbg alarm

    • Fifthharmony Indonesia

      Fifthharmony Indonesia

      7 hari yang lalu

      Yg ada harimau malah mencium santapan malah turun wkwk

    • Bambang Pamungkas

      Bambang Pamungkas

      8 hari yang lalu

      @carlos singer Leh ileh .. namanya juga kroyokan di mana mana ya pasti menang duh aduuhh

    • carlos singer

      carlos singer

      8 hari yang lalu

      @Bambang Pamungkas ...itu masih anjing kampung.....kalau anjing jenis drogo argentina atau pitbull atau belgian malinois yg terkenal bernyali tinggi gak perlu banyak ngalahin harimau. Perbandingan kekuatan : *satu singa lawan lima pitbull = singa tewas*

    • carlos singer

      carlos singer

      8 hari yang lalu

      @Bambang Pamungkas ...kata siapa singa takut dgn hyna kalau keroyokan.... Pernah nonton di tv kan singa gak berani kalau di keroyok hyna. Kalau banyak anjing harimau juga lebih memilih menghindar.

  • Deni Purnawan

    Deni Purnawan

    10 hari yang lalu

    9:45 👍👍👍👍👍

  • Engkong Jali

    Engkong Jali

    10 hari yang lalu

    Ngapa harimaunya yg disalahin sama kadesnya? Itu harimau udh dari ratusan tahun lalu tgl disitu. Nah eluuu manusia yg tiap tahun makin naik keatas gunung utk membuka lahan berkebun.

  • Schoo Hendra Works

    Schoo Hendra Works

    10 hari yang lalu

    jika tidak ada yang bisa menghentikan arogansi manusia terhadap alam, maka tunggulah bencana yang menghentikannya.

  • Schoo Hendra Works

    Schoo Hendra Works

    10 hari yang lalu

    harimau tidak meneror, mereka mengikuti insting utk bertahan hidup

    • AipTagikoputa

      AipTagikoputa

      7 hari yang lalu

      Setuju

  • ARIE CHANNEL

    ARIE CHANNEL

    10 hari yang lalu

    Tembak pakai bius....pak
    Bpbd mana ini...kok ngk di bantu..

  • Suharsa Binamarga

    Suharsa Binamarga

    10 hari yang lalu

    Suami ibu mudah2 an syahid dimangsa binatang buas,doa kn saja mudah2 Alloh menerima amal baik nya dan memaafkan kesalahan dan disanya,, sabar dan taeQal..

  • Velira Safri

    Velira Safri

    10 hari yang lalu

    Karna hewan mangsa alami harimau juga laku keras di sini.,

  • ghava Official

    ghava Official

    10 hari yang lalu

    Yangapain hutan di jadiin kebun sawit

  • Hido Tadi

    Hido Tadi

    11 hari yang lalu

    Bekali senjata api tiap orang nyawa manusia ga bisa di beli dngan uang

  • sapto wae

    sapto wae

    11 hari yang lalu

    makan sapi boleh toleran klo sdh makan manusia perlu di buru... klo pemeritah dinas terkait kurang siagaa.. warga boleh bertindak.

  • Ace Ihai

    Ace Ihai

    11 hari yang lalu

    Pemerintah seharus nya bukan sekedar melindungi hewan manusia jua mana ni aparat negara jgn cuman nonton ini bukan sinetron ini fakta mematikan

  • Sugiarto Anto

    Sugiarto Anto

    11 hari yang lalu

    pembukaan lahan sawit terus menerus membuat penghuni hutan terjepit & keluar hutan mencari makan.

  • beast da'beat

    beast da'beat

    11 hari yang lalu

    Gua setuju dengan pendapat pak Palber turnip,terlihat bahwa beliau ialah orang yg sangat cerdas,salute!!

  • Alfaro Technic

    Alfaro Technic

    11 hari yang lalu

    Kades semprolll...yg duluan tinggal disana tuh harimau. Manusia yg membabat hutan n merusak rumahnya.

  • Frans Yose Tobing

    Frans Yose Tobing

    11 hari yang lalu

    Harimau bukan musuh tapi yang jadi masalah saat mereka harus datang berburu dekat dengan lingkungan warga. Yang pasti itu semua karena keserakahan manusia yang mengganggu Habitat Harimau.

  • ranggo ranggo

    ranggo ranggo

    11 hari yang lalu

    Kampung sama hutan duluan mana yg berdiri, membeli tanah di kota dibandingkan sama membabat hutan untuk hunian mahal mana

  • I kongsi

    I kongsi

    11 hari yang lalu

    Hutan rumahnya sudah banyak di ratakan,oleh kita manusia.,,rumahnya semakin kecil,tempat dia memburu cari makan semakin kecil,,maka dia terpaksa masuk kawasan yg ada manusia.dan di mana ada mangsa mudah.untuk di cari makan.
    Salah harimau atau salah kita manusia yg rakus menebang hutan.untuk keuntungan...,😊

  • Rapapa GAMING

    Rapapa GAMING

    11 hari yang lalu

    Ingat HARIMAU SUDAH BERJANJI AKAN MENURUT KPADA TUANNYA,dan jnji nya yaitu saya bersumpah tidak akan menyentuh manusia, tpy nyatanya manusia sndri yg mengusik harimau.jdi ya jangan slahkan harimau bila manusia atau hewan peliharaan Klian di mangsa. Klian bisa membunuh harimau juga bisa membunuhhh

  • Van Millane

    Van Millane

    11 hari yang lalu

    Kabupaten mana banyak Harimau? Takut nya lewat Perbatasan Karo-Dairi lewat pulak Harimau 😵

  • KimAkim

    KimAkim

    12 hari yang lalu

    Apaan sih kok orng aseng yg jdi tkang suara
    Benci dg orng aseng gua

  • Marmara Nic

    Marmara Nic

    12 hari yang lalu

    Tolong lindungi dia ...mo punah

  • yakisoba

    yakisoba

    12 hari yang lalu

    Serakah = kebun kelapa sawit.

  • yakisoba

    yakisoba

    12 hari yang lalu

    HELLO, KELAPA SAWIT BIAR UANGNYA MASUK KANTONG PRIBADI :/

  • yakisoba

    yakisoba

    12 hari yang lalu

    ketutup drama pdip.. bahkan kasus korupsi juliari dan minerba juga masih ketutup.

  • yakisoba

    yakisoba

    12 hari yang lalu

    9:26 ada media kompas, tempo, tribun, media indonesia, metro tv, tv one, mnc bikin artikel kayak gitu???? ga ada tuh :/ mana kompaknya menyuarakan yang haq.

    • visualitas channel

      visualitas channel

      9 hari yang lalu

      Itu wartawan berita singkat mungkin. Karya mereka biasanya berita biasa berdurasi 1 sampai 2 menit. Kalo ini model investigasi, berdurasi panjang dengan naskah dan wawancara panjang.

  • yakisoba

    yakisoba

    12 hari yang lalu

    INDONESIA MANUSIA SERAKAH.

  • yakisoba

    yakisoba

    12 hari yang lalu

    Harus diedukasi nih masyarakatnya..
    atau pindah aja ya tolong..
    pemerintah ulah bikin kebun kelapa sawit mulu anda, gerakan pariwasata dan inovasi budaya aja lu.

  • Dilon 12

    Dilon 12

    12 hari yang lalu

    Dampak penebangan liar

  • Rizal Prasetyo

    Rizal Prasetyo

    12 hari yang lalu

    Rantai makanan di hutan putus, babi diburu petani kera juga berkurang dll. Terpaksa di dlm hutan tdk ada mkanan, harimau pun masuk pemukiman warga.
    Semua itu ulah manusianya bukan hewanya.. Paham dong mksd sy.

  • NAVER FAMOUS

    NAVER FAMOUS

    12 hari yang lalu

    belakang rumah ku ada harimau, gajah, tenggiling, musang, moyet, landak, ular, arnab, burung hantu. ayam hutan, lembu, berung matahari, tapir dan banyak lagi. tapi tida yg mati di makan. aku tinggal di kota tinggi malaysia..

    • NAVER FAMOUS

      NAVER FAMOUS

      12 hari yang lalu

      babi hutan x perlu di cerita setiap hari nampak.

  • ridho26

    ridho26

    12 hari yang lalu

    Intinya semua ini gegara manusia yg kurang wawasan atw serakah u know

  • Lauk kawat

    Lauk kawat

    13 hari yang lalu

    Ah banyak yg koment sok2n pemerhati lingkungan.preett.

  • elsa_ cell

    elsa_ cell

    13 hari yang lalu

    Sebenarnya taman nasional yg mengelola agar harimau tidak kluar dari taman tsb bagaimana caranya...kok malah masarakat yg kena beban...klau gk bisa taruh saja d bonbin...

  • Agus Pituks

    Agus Pituks

    13 hari yang lalu

    Klo gk sya mw miara 1 harimau sumatra bolh gk y

  • Agus Pituks

    Agus Pituks

    13 hari yang lalu

    Apa seharusnya di pageri kawat besi sekitar 5mter, hutan rimbanya

  • Hendra Wahyudi

    Hendra Wahyudi

    13 hari yang lalu

    Iyaa pak kades manusia juga makan makanan mreka pak , jadi hariamu nya juga resah pak , karna harimau gak bisa ngusir kalian hidup2 jadilah ternaknya aja yg d mangsa sebagai peringatan pak yakan pak

  • red enpelope

    red enpelope

    13 hari yang lalu

    Subhanallah

  • Satria Incubus

    Satria Incubus

    13 hari yang lalu

    Klo gkmau diganggu. Jgn ganggu

  • y.d.p

    y.d.p

    13 hari yang lalu

    Yang salah bukan harimaunya... Tapi manusianya yg semakin hari semakin serakah merusak habitatnya

  • Romadhon Dwipamungkas

    Romadhon Dwipamungkas

    13 hari yang lalu

    jangan salahkan harimaunya ,koreksi apa yang di perbuat kalian.perjanjian sudah ada sejak dulu leluhur kita

  • Fahri Ansyah

    Fahri Ansyah

    13 hari yang lalu

    Pantesan harimau ya berkurang ternyata!!!

  • MASTER OF PAITO

    MASTER OF PAITO

    13 hari yang lalu

    Babi makanan harimau, sapi makanan manusia, ketika manusia serakah babi diburu dan dimakan, harimau akhirnya memakan sapi.

  • Zaein Uciy

    Zaein Uciy

    14 hari yang lalu

    Teruslah sok bijak kalian, anak manusia. Coba orang tua kalian jadi korban, pengen denger kalian bicara, "Harimau resah karena manusia menggganggu" "Ini akibat keserakahan manusia". Bulshit.

  • Gergoi na

    Gergoi na

    14 hari yang lalu

    itulah efeknja kl hutan di babat, nampak itu semua udah pokok kelapa sawit sama pohon karet

  • The Enemy of my enemy is my friend

    The Enemy of my enemy is my friend

    14 hari yang lalu

    manusia sampah sebaiknya menyingkir dari hutan

  • Eko Puji S

    Eko Puji S

    14 hari yang lalu

    Bukan harimau yg meneror,,tp manusia yg ambil alih tempat mereka,,siapa jg bakal marah termasuk binatang klo d usik y bakal nyerang

  • cuma hobi

    cuma hobi

    14 hari yang lalu

    Jgn salahkan harimau, mereka memangsa hewan ternak warga karna makanan mereka seperti kijang, rusa, kancil sudah hampir puna karna perburuan liar

  • guntur febrianto

    guntur febrianto

    14 hari yang lalu

    siapa yang mengusik siapa.....???kaum kaya membakar hutan untuk membuka lahan, para pekerja dan binatang yang menjadi korban.....!!!!

  • mikail angelo

    mikail angelo

    14 hari yang lalu

    Iya lah ternaknya malah dilepas liarkan udah tau dekat hutan

  • Arya Wijaya

    Arya Wijaya

    14 hari yang lalu

    Giliran manusia diserang ternaknya doang udah resah... Apalagi kyak harimau.. Rumah habitat mangsa mereka luh habisin.. Mkanya dya mau gak mau mkan ternak luh.

  • MUHTAR KHUDLORI

    MUHTAR KHUDLORI

    14 hari yang lalu

    Karena habitat harimau terganggu jadi yang salah bukan harimau tapi manusia itu sendiri paham

  • Budikhayla Budikhalif

    Budikhayla Budikhalif

    14 hari yang lalu

    Om .ternak udah ngak dapat makan .apa kah bisa jamin makanan selanjutnya adalah manusia .

  • Suha Yanto

    Suha Yanto

    14 hari yang lalu

    Menuruttku manusiane yg meneror

  • Heri Purwo

    Heri Purwo

    14 hari yang lalu

    Makanya Jangan diganggu habitatnya,
    Ngapain kalian buat pemukiman tinggal di cagar alam Leuser kayak ngga ada aja tempat lain

  • Juragan Bigolive

    Juragan Bigolive

    15 hari yang lalu

    Ayo rusak terus bumi ini dengan cara anda Mansing masing lakukan lah sesuka hati maka Tuhan mu akan senang melihat nya 🤡 ❤️

  • Dendi Mahendraputra

    Dendi Mahendraputra

    15 hari yang lalu

    Ngapain lu bangun rumah di hutan tempat tinggal harimau cuk 😂 ngapain sakit hati lembu di curi ("-_-.

  • Endis Siswanto

    Endis Siswanto

    15 hari yang lalu

    Karena habibatnya dihilangkan oleh ulah manusia

  • Leo Pranata

    Leo Pranata

    15 hari yang lalu

    Kenapa itu bahasa Inggris

  • YADI TANI channel

    YADI TANI channel

    15 hari yang lalu

    Udah menimbulkan korban ko tetap di pertahankan Tembak mati saja

  • TALINO Chanel

    TALINO Chanel

    15 hari yang lalu

    Mka ya hutan ya jgn di hancurkn

  • Ahmad Khairuddin

    Ahmad Khairuddin

    16 hari yang lalu

    Salah satu jalan,, yaitu bikin pagar besi 4.meter , sepanjang perbatasan hutan dan desa, agar lebih aman.

  • Donny Carter

    Donny Carter

    16 hari yang lalu

    Berkaca lah manusia .mereka lapar knapa lapar karena di habitat nya sudah berkurang makanan mereka.kok bisa berkurang persediaan mkan mereka sebab sangkeng rakusnya para pemburu2.

  • Alamaq Ithaq

    Alamaq Ithaq

    16 hari yang lalu

    Ayo harimau maju terus

  • MAHFI ARDI

    MAHFI ARDI

    16 hari yang lalu

    Harimau yang salah? Beda nggak antara pikiran dan insting ?